Breaking News
Home » Travel » Cirebon dan Destinasi Wisatanya yang Lengkap

Cirebon dan Destinasi Wisatanya yang Lengkap

Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur Pantura ini menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Kota Cirebon berasal dari kata Caruban yang artinya bersatu padu. Nama ini diberikan karena alasan Cirebon menjadi tempat bercampur para pendatang dari beraneka bangsa diantaranya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur-unsur budaya bangsa Arab mulai dari agama, bahasa, dan adat istiadat.

Cirebon layak dibilang sebagai destinasi wisata yang lengkap dengan berbagai kekayaan alam yang dimilikinya. Cirebon memiliki objek wisata yang lengkap ddari berbagai aspek, mulai dari wisata religi ke Mesjid Merah hingga wisata pantai lengkap bisa ditemukan di kota Udang ini.

Inilah beberapa destinasi Wisata yang bisa ditemukan di Cirebon:

1. Kampung Batik Trusmi
Kampung Batik Trusmi merupakan pusat oleh-oleh dan perbelanjaan yang lengkap di Kota Cirebon. Kampung Batik Trusmi berada di Kecamatan Plered, Cirebon. Di sini dijual batik dengan berbagai motif khas yang bisa dibeli secara eceran maupun grosir. Harga yang ditawarkan pun lebih terjangkau jika dibanding dengan pusat perbelanjaan lain.

Keraton Kasepuhan Cirebon
Keraton Kasepuhan Cirebon

2. Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan merupakan keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada tahun 1529. Keraton ini termasuk keraton tertua di Cirebon dan menjadi yang termegah dan paling terawat di kota ini. Keraton Kasepuhan dikelilingi oleh tembok bata berwarna merah, sedangkan bangunan utamanya berwarna putih yang di dalamnya terdapat singgasana sultan dan ruangan tidur.

Keraton Kanoman
Keraton Kanoman

3. Keraton Kanoman
Keraton Kanoman dibangun oleh Sultan Badaruddin tahun 1588. Perselisihan tentang siapa pewaris keraton menjadi alasan yang melatarbelakangi pembangunan keraton ini. Keraton Kanoman berjarak sekitar 600 meter dari Keraton Kasepuhan. Pasar tradisional yang menjual berbagai macam suvenir khas Cirebon menjadi penghubung kedua keraton ini.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta Rasa

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta Rasa disebut juga dengan Masjid Agung Kasepuhan karena lokasinya yang berdekatan dengan Keraton Kasepuhan. Masjid Agung Sang Cipta Rasa memiliki keunikan pintu masuk yang dibuat pendek sehingga orang yang ingin masuk harus menundukkan tubuhnya. Hal tersebut sengaja dilakukan sebagai tanda penghormatan dan kesopanan ketikaa masuk ke rumah ibadah. Di halaman masjid ini juga terdapat sumber mata air yang dikatakan mirip dengan sumber air zam-zam di Mekkah.

5. Winawisata Ciwaringin
Winawisata Ciwaringin berada di Desa Ciwaringin. Di tempat ini merupakan kawasan hijau di kota Cirebon yang ditumbuhi banyak pepohonan rindang terutama pohon kayu putih. Setiap hari minggu pengunjung dapat memancing di Danau Ciranca yang terdapat di sana.

Desa Wisata Cikalahang
Desa Wisata Cikalahang Cirebon (Courtesy of Google)

6. Desa Wisata Cikalahang
Di desa wisata ini, hobi memancing dan wisata kuliner Anda akan terpenuhi. Cikalahang merupakan sebuah tempat wisata di Cirebon yang menjadi tujuan favorit keluarga.

7. Situ Sedong
Situ Sedong merupakan waduk buatan yang menjadi tempat wisata di Cirebon. Situ Sedong terletak di Kecamatan Sedong. Tempat ini banyak dikunjungi keluarga saat akhir pekan. Selain bisa melihat pemandangan, di sini juga terdapat banyak permainan yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga seperti bebek air.

Banyu Panas Palimanan Cirebon (Courtesy of Google)
Banyu Panas Palimanan Cirebon (Courtesy of Google)

8. Banyu Panas Palimanan Cirebon
Banyu Panas Palimanan merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang banyak dikunjungi setiap harinya terutama pada saat akhir pekan. Air di pemandian Banyu Panas Palimanan ini adalah sumber air yang mengandung belerang dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Banyu Panas Palimanan terdapat di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon.

Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi

9. Taman Sari Gua Sunyaragi
Tempat wisata ini berada di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Nama taman ini berasal dari dua kata bahasa Sansekerta yaitu ‘sunya’ yang berarti sepi dan ‘ragi’ yang berarti raga. Lokasi ini dahulu memang digunakan oleh raja dan keluarganya sebagai tempat mencari ketenangan.
Di Cirebon juga terkenal dengan wisata kulinernya, seperti Nasi Lengko, Nasi Jamblang, Tahu Gejrot, Empal Gentong, Docang, Mie Koclok, dan masih banyak lagi makanan khas Cirebon yang lezat dan sudah dikenal di seluruh Indonesia.

Nasi Jamblang (Courtesy of Google)
Nasi Jamblang (Courtesy of Google)
Empal Gentong (Courtesy of Google)
Empal Gentong (Courtesy of Google)
Tahu Gejrot (Courtesy of Google)
Tahu Gejrot (Courtesy of Google)

Check Also

festival kopi aceh

Festival Kopi dan Mie di Banda Aceh 2018

  Festival Kopi dan Mie Di Banda Aceh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Tahun ini ...