Upcoming Event
Home » Event » Art & Culture

Art & Culture

Festival Biak Munara Wampasi

Festival Biak Munara Wampasi

Festival yang berbeda sekaligus amat menarik kembali hadir di Pulau Biak, Papua. Festival Biak Munara Wampasi (Festival BMW) akan digelar pada 1-4 Juli 2015 mengambil tempat di Kampung Mnurwar, Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Festival ini menghadirkan berbagai kegiatan yang dapat Anda ikuti seperti penangkapan ikan secara adat (snap mor), menyelam, lomba foto bawah laut, Padaido Island Tour, Biak Exotic ... Read More »

Bali Arts Festival 2015

Bali Arts Festival 2015

Bali Arts Festival merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Bali yang dijadikan sebagai wadah aktivitas dan kreativitas para seniman dalam upaya ikut mendukung program pemerintah berupa hal penggalian, pelestarian dan pengembangan nilai – nilai seni budaya Bali yang adhiluhung. Festival atau parade Gong Kebyar merupakan salah satu acara dalam agenda Pesta Kesenian Bali yang sangat bergengsi. Dalam festival acara tersebut, kita dapat ... Read More »

Pameran Seni Rupa Bertajuk “Urip Iku Urup”

Pameran Seni Rupa Bertajuk “Urip Iku Urup”

Bentara Budaya Solo bekerja sama dengan Kelompok Titik Api, akan menggelar pameran seni rupa bertajuk “URIP IKU URUP” pada 30 Mei – 3 Juni 2015, bertempat di Balai Soedjatmoko, Solo. Pameran ini adalah pameran ke empat yang dilakukan oleh kelompok Titik Api, di 3 kota (Bentara Budaya Solo, Museum Seni Rupa & Keramik Jakarta-2012, dan Roemah Seni Sarasvaty Bandung-2014) dan ... Read More »

Suku Dayak Kembali Gelar Pekan Gawai Dayak 2015

Suku Dayak Kembali Gelar Pekan Gawai Dayak 2015

Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa syukur, salah satunya adalah dengan menggelar serangkaian upacara adat. Gawai Dayak adalah satu-satunya, upacara adat yang rutin digelar suku Dayak di Pontianak, Kalimantan Barat dan telah berlangsung sejak puluhan tahun. Inti pelaksanaan upacara ini adalah sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Jubata (Tuhan) atas panen yang melimpah, sekaligus memohon agar panen berikutnya diberi kelimpahan. Acara Pekan ... Read More »

The Jakarta Players Presents Circle Mirror Transformation

The Jakarta Players Presents Circle Mirror Transformation

The Jakarta Players will perform Annie Baker’s popular, charming and highly entertaining play, Circle Mirror Transformation this June. The first ever performance of this play in Indonesia will be from 5-7 June 2015 in the Pavilion Apartment Clubhouse, Jl. KH Mas Mansyur Kav. 24 – right across from Citywalk Sudirman, Jakarta. The story offers up a gentle and fascinating mix of laughs, longing ... Read More »

Sinden Republik Angkat Peran Perempuan

Sinden Republik Angkat Peran Perempuan

Taman Ismail Marzuki kembali menggelar pementasan yang disutradrai oleh duo seniman kondang, yakni Butet Kartaredjasa, Agus Noor dan Djaduk Ferianto dengan tema Sinden Republik yang diperankan oleh Soimah. Berikut ini sinopsisnya: Perempuan seringkali terpinggirkan, Tapi dalam dunia kesenian kita sering menyaksikan bagaimana perempuan menjadi primadona yang ikut memberi warna dalam pertumbuhan budaya di suatu tempat. Para pesinden atau penyanyi tradisional banyak tumbuh ... Read More »

Festival Teluk Jailolo 2015

Festival Teluk Jailolo 2015

Tahun ini Festival Teluk Jailolo kembali hadir dengan mengusung tema “Saloi Sirimoi” atau bermakna “Saloi Menyatukan”. Acara yang telah digelar untuk yang ketujuh kalinya tersebut akan berlangsung pada 14 – 16 Mei 2015 dengan puncak acaranya berlangsung di Pelabuhan Jailolo. Festival Teluk Jailolo disebut-sebut sebagai festival terbaik di kawasan Indonesia Timur dimana merangkul rangkul semua potensi yang ada, baik pariwisata, ... Read More »

Ragam Budaya Kalimantan Tengah Dalam Festival Isen Mulang 2015

Ragam Budaya Kalimantan Tengah Dalam Festival Isen Mulang 2015

Ragam budaya dan enis di Kalimantan Tengah setiap tahun diperkenalkan melalui Festival Budaya Isen Mulang 2015 (FBIM). Tahun ini acara tersebut berlangsung pada 18-24 Mei di Kota Palangkaraya, bertepatan dengan hari ulang tahun kota tersebut pada 23 Mei. Atraksi utama FBIM adalah kanaval yang ditampilkan oleh ribuan peserta dari 14 kabupaten /kota se-Kalteng, dan belasan cabang olahraga tradisional, seperti sepakbola ... Read More »

Festival Sabang Fair 2015 Tampilkan Parade Seni Budaya

Festival Sabang Fair 2015 Tampilkan Parade Seni Budaya

Pesta seni dan budaya tahunan, Festival Sabang Fair 2015 akan diselenggarakan pada 1-7 Juni di wilayah paling barat Indonesia yaitu Kota Sabang, Provinsi Aceh. Acara ini juga digelar untuk memperingati HUT ke-50 Kota Sabang yang jatuh pada 14 Juni. Acara ini digelar untuk mempromosikan Kota Sabang dan Provinsi Aceh dan diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan membuka investasi. ... Read More »

Pertunjukan Monolog 3 Aktor By Teater Kami

Pertunjukan Monolog 3 Aktor By Teater Kami

Bermula dari keinginan sederhana Harris Priadie Bah untuk mempertemukan sejumlah kawan-kawan pekerja teater dari berbagai daerah dalam sebuah panggung yang menampilkan karya-karya mereka, dalam hal ini karya pentas monolog. Sebagaimana yang telah bersama kita ketahui, lebih dari sepuluh tahun ini, di Jakarta, belum lagi ada forum atau pertemuan termaksud yang mempertemukan para pekerja teater itu. Itulah kemudian yang melahirkan Harris ... Read More »

Jelang Pentas Drama Musikal Janji Toba

Jelang Pentas Drama Musikal Janji Toba

Banyu Wening production hadir kembali dengan Drama Musikal yakni Janji Toba yang akan dipentaskan pada tanggal 29 Agustus 2015 di Ciputra Artpreneur Theatre. Di Galeri Indonesia Kaya, beberapa pemain drama musikal ini akan menampilkan cuplikan adegan yang merupakan bagian dari drama musikal tersebut. Kisah ini menceritakan tentang seseorang pria yang bernama Toba dan menikahi wanita berasal dari Ikan emas yang bernama ... Read More »

Pementasan Bujangga Manik oleh Gran Kino & Sarasvati

Pementasan Bujangga Manik oleh Gran Kino & Sarasvati

Pada Printemps Français 2013, Gran Kino, band indie-rock Prancis, berbagi panggung dengan Sarasvati, band indie Indonesia yang sedang naik daun. Setelah pertemuan pertama itu, lahirlah keinginan untuk membuat sebuah kolaborasi seni yang akhirnya terealisasi pada tahun ini. Mereka mengeksplorasi sebuah naskah kuno Sunda berusia 600 tahun yang berjudul Bujangga Manik. Melalui puisi lirik tentang pencarian kebahagiaan ini, Gran Kino dan ... Read More »