Breaking News
Home » Hot News » Pengembangan Seni di Ruang Publik Guna Memajukan Aktivitas Seni Ibukota

Pengembangan Seni di Ruang Publik Guna Memajukan Aktivitas Seni Ibukota

Nyanyian Gambang Kromong dalam acara Pengembangan Seni di Ruang Public
Nyanyian Gambang Kromong dalam acara Pengembangan Seni di Ruang Publik

Jakarta – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta, minggu lalu, 13 sampai dengan 21 Desember 2014 baru saja menggelar sebuah acara bertajuk “Pengembangan Seni di Ruang Publik”, yang bertujuan untuk membangun ruang publik menjadi tempat yang nyaman dan dapat dinikmati oleh semua orang.

Acara ini digelar di beberapa lokasi Kota Jakarta, seperti Lapangan Setu Babakan Mangga Dua Square, Lapangan Al Bayinah ISTN, Lapangan Johar Baru, Car free day, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pasar Seni Ancol, Universitas Esa Unggul, Kalibata City, Jakarta Islamic Center, Terminal Kalideres dan beberapa lokasi lainnya.

Tarian Siri Kuning Betawi
Tarian Siri Kuning Betawi

“Jakarta harus dibangun dengan atraksi, dengan sesuatu event yang atraktif. Diisi dengan kesenian hiburan pertunjukan tradisi, seni rupa, musik serta kegiatan kesenian lainnya,” Tegas, Abd. Rachem, Kepada Bidang Pengkajian dan Pengembangan, Disparbud Provinsi DKI Jakarta.

Abd. Rachem menambahkan segala pembangunan dalam kota Jakarta juga harus disertakan dengan pembangunan aktivitasnya. Jadi harapan kita, ruang-ruang publik ini nantinya memiliki sebuah pusat keindahan di mana orang dapat menikmatinya. Nantinya, acara Pengembangan Seni di Ruang Publik ini membuat suasana ruang publik menjadi lebih semarak dengan berbagai pertunjukan seni tradisional, seperti Kuda Lumping, Wayang, Teater Betawi, Nyayian Betawi, Bodoran, Sisingaan sampai dengan kolaborasi kesenian musik modern dan tradisional.

Pembangunan yang makin hari kian gencar dilakukan di Ibukota Jakarta. gedung-gedung tinggi kian tampak, sarana transportasi makin hari makin modern, pusat perbelanjaan makin menjamur dan sarana hiburan kini kian menunjukan kelasnya, terkadang tidak disertai oleh pembangunan “aktivitas manusianya”. Sudah sepatutunya, pembangunan infrasntruktur dan pengembangan manusianya berjalan bersamaan agar terciptanya kenyamanan dalam tatanan ruang publik.

 

Check Also

Indonesia Automodified

Indonesia Automodified Menggelar Rangkaian Pameran dan Kompetisi

Indonesia Automodified Indonesia Automodified (IAM) kembali akan  menggelar pameran dan kompetisi mobil modifikasi se-Indonesia yang ...