Breaking News
Home » Automotive » Motoball, Bermain Sepakbola Dengan Motor

Motoball, Bermain Sepakbola Dengan Motor

motoball pic

Bermain sepakbola dengan motor memang terdengar konyol namun ternyata olahraga unik yang bernama Motoball ini sudah dipertandingkan dari tahun 1929. Motoball memang lebih terkenal di kawasan Eropa, beberapa negara bahkan memiliki tim nasionalnya sendiri, namun pemain Motoball terbaik berasal dari Russia.

Peraturan dalam Motoball serupa dengan sepakbola dimana terdapat 2 tim yang bermain dan masing-masing memiliki gawang yang harus dijaga. Yang membedakannya adalah jumlah pemainnya, dimana 1 tim hanya memiliki 5 orang anggota, dengan 4 orang pengendara motor dan kiper sebagai satu-satunya anggota tim yang tidak mengendarai motor. Tipe permainannya sama dengan sepakbola dimana para pemain harus mengejar sebuah bola yang berukuran besar, dengan diameter 40 cm dan berat hampir 1 kilogram.

Kemudian para pemain akan mengejar bola tersebut dengan motornya dan menendang bola dengan kakinya. pertandingan juga dilengkapi 2 orang wasit dan 2 orang penjaga garis. pertandingan dibagi dalam 2 sesi sepanjang 20 menit. Beberapa peraturan keselamatan diterapkan dengan ketat namun tentu saja tidak semua pemain sanggup menjaga keselamatannya dalam permainan ini. Mantan pemain Motoball dari Russia Boris Loginov berkilah “olahraga ini merupakan salah satu olahraga bermotor yang tidak terlalu berbahaya, hal paling buruk yang bisa terjadi adalah kaki atau leher yang patah, kadang-kadang kiper juga bisa mengalami patah tangan”

Untuk bermain Motoball motor yang digunakan adalah motor berkapasitas 250 cc  yang disuplai oleh perusahaan di spanyol yang juga merupakan suplier hampir semua klub Motoball di Prancis, Jerman, russia, Belarus, Ukraina, Lithuania dan Belanda.

Olahraga ini pertama kali dimainkan pada tahun 1929 di sebuah kota kecil di Prancis bernama Dijon. Dalam 1 dekade, olahraga ini menjadi populer seantero eropa dengan pertandingan resmi pertama dilangsungkan pada tahun 1963 di Uni Soviet.

Sekarang, beberapa kejuaraan Motoball diselenggarakan di di Eropa seperti European Nations Championship, the Coupe de France, European Champion Clubs’ Cup dan masih banyak lagi, namun juara bertahannya selalu berasal dari Rusia, dengan Prancis menyusul di peringkat 2.

Check Also

katy perry witness the tour

Katy Perry Kembali Ke Indonesia

Katty Perry Witness The Tour Katy Perry mengumumkan  akan mengadakan konser untuk yang ketiga kali ...