Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Komunitas Hong Hidupkan Permainan Tradisional Khas Indonesia

Komunitas Hong Hidupkan Permainan Tradisional Khas Indonesia

komunitas hong pic
Para anak-anak Komunitas Hong yang sedang bermain permainan tradisional “Egrang”
Sumber foto : wego.co.id

 Pada Festival Bambu Nusantara 8 yang akan digelar 15 dan 16 Mei mendatang ini akan menghadirkan musisi dan artis kenamaan seperti Dwiki Dharmawan dengan band Krakatau, Ita Purnamasari, Putri Ayu dan Komunitas Hong. Apakah Anda tahu tentang Komunitas Hong?

Komunitas Hong dibentuk oleh Mohammad Zaini Alif atau sering disapa Kang Zaini. Ia berniat melestarikan berbagai permainan tradisional khas Indonesia dengan mendirikan Komunitas Hong. Dia bercita-cita menghidupkan kembali berbagai khazanah permainan tradisional Jawa Barat dan Nusantara.

Komunitas Hong sendiri bermarkas di Kawasan Dago, Bandung, di area ini terdapat wisata permainan tradisional bernama Pakarangan Ulin yang digagas oleh Komunitas Hong bersama masyarakat sekitar Dago Pakar Bandung, dimana di area yang cukup luas ini Anda bisa melihat beragam permainan tradisional khas Indonesia dihidupkan kembali.

Kata ‘Hong’ sendiri berarti bertemu, dan bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini dapat melihat 250 macam permainan anak tradisional Sunda, 213 permainan tradisional Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta 50 jenis permainan dari Lampung. Selain itu, komunitas ini berupaya menjadi Pusat Kajian Mainan dan Permainan Rakyat dengan koleksi sekitar 100 jenis permainan tradisional dari 10 negara.

Ternyata kebanyakan dari permainan khas tradisional Indonesia yang didokumentasikan oleh Komunitas Hong Indonesia terbuat dari bambu. Bambu memang tidak lepas dari budaya Indonesia, mulai dari alat musik, mainan hingga alat masak.

Komunitas Hong akan memeriahkan event Festival Musik Bambu Nusantara 8 dengan bermain alat musik yang terbuat dari bambu dan mendemonstrasikan dan mengajak para pengunjung untuk mengikuti permainan-permainan khas Indonesia yang terbuat dari bambu.

Check Also

Jakcloth 2018

Jakcloth 2018 Hadir Dengan Konsep Yang Berbeda.

Jakcloth 2018 Setelah sukses mengunjungi para pecinta clothing di berbagai daerah di Indonesia, The Biggest Youth ...