Breaking News
Home » Hot News » Setelah 33 Tahun, Gerhana Matahari Total Kembali Berlangsung di Indonesia

Setelah 33 Tahun, Gerhana Matahari Total Kembali Berlangsung di Indonesia

Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari Total

Fenomena langka gerhana matahari total akan berlangsung pada 9 Maret 2016 melewati beberapa wilayah di Indonesia diantaranya, yaitu Belitung Timur, Bangka, Palangkaraya, Palembang, Balikpapan, Ternate, Tidore, Palu, Sampit, Halmahera, Poso, dan beberapa daerah lainnya.

Di Palembang misalnya, fenomena alam ini diperkirakan akan berlangsung dengan durasi selama 1 menit 52 detik, sedangkan di Belitung akan berlangsung 2 menit 10 detik.

Fenomena alam yang siklusnya terjadi 33 tahun sekali di Indonesia ini dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia karena tidak semua negara akan mengalami gerhana matahari total. Untuk itu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Kapal PELNI berencana membuat paket wisata gerhana.

Sebelumnya gerhana matahari total terjadi di Indonesia pada 11 Juni 1983. Selain di Indonesia, gerhana matahari total nantinya akan melintasi Samudera Pasifik.

Menteri Koordinator Kemaritiman, Indroyono Soesilo mengatakan bahwa berita tersebut telah terdengar ke seluruh dunia sehingga diharapkan dapat mendatangkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia sehingga bisa menambah devisa negara.

Check Also

Jakcloth 2018

Jakcloth 2018 Hadir Dengan Konsep Yang Berbeda.

Jakcloth 2018 Setelah sukses mengunjungi para pecinta clothing di berbagai daerah di Indonesia, The Biggest Youth ...