Breaking News
Home » Hot News » Serunya Acara Warnai Mimpimu Taman Bacaan Anak Lebah

Serunya Acara Warnai Mimpimu Taman Bacaan Anak Lebah

Serunya Acara Warnai Mimpimu Taman Bacaan Anak Lebah 1

Kegiatan ‘Semangat Merah Putih: Warnai Mimpimu bersama Taman Bacaan Anak Lebah’, yang diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 2014 kemarin, di F3 FX Sudirman Jakarta, pukul 11.00 – 14.00 WIB ini mengundang anak-anak Panti Asuhan Bina Umat, serta diisi dengan kegiatan lomba menggambar dan mewarnai, dongeng oleh Poetri Soehendro, serta donasi buku cerita anak dan tunai yang akan didistribusikan untuk anak-anak Indonesia bagian timur.

Serunya Acara Warnai Mimpimu Taman Bacaan Anak Lebah 2

Warnai Mimpimu (#WarnaiMimpimu) menjadi tema yang diangkat dengan maksud mengajak anak-anak Indonesia untuk menghidupkan mimpi-mimpinya dengan imajinasi dan kreatifitas, karena Taman Bacaan Anak Lebah menyadari, bahwa imajinasi dan kreatifitas bisa menjadi salah satu bagian penting dalam upaya menciptakan generasi berkualitas. Imajinasi menjadi dasar penciptaan gagasan-gagasan hidup, dan kreatifitas menjadi salah satu upaya perwujudan gagasan-gagasan tersebut.

Selain berfokus pada imajinasi dan kreatifitas anak, Taman Bacaan Anak Lebah, dalam kegiatan kali ini, juga mengajak masyarakat untuk turut peduli pada minat baca anak-anak. Data dari UNESCO pada tahun 2011 menyatakan bahwa indeks minat baca di Indonesia hanya 0,001. Artinya, dari seribu (1000) penduduk, hanya satu orang yang memiliki minat baca. Sementara berdasarkan data yang dilansir Organisasi Pengembangan Kerjasama Ekonomi (OECD) pada 2009, budaya baca masyarakat Indonesia menempati posisi terendah dari 52 negara di kawasan Asia Timur. Pada tahun 2006, data Badan Pusat Statistik menunjukan bahwa masyarakat Indonesia belum menjadikan kegiatan membaca sebagai sumber utama mendapatkan informasi. Masyarakat lebih memilih menonton televisi (85,9%), mendengarkan radio (40,3%) daripada membaca koran (23,5%).

Pelbagai kegiatan telah kami buat, agar kesadaran masyarakat akan pentingnya minat baca buku terbangun, sehingga kedepannya, Indonesia memiliki generasi dengan bekal kecerdasan memadai dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan semangat tersebut, #WarnaiMimpimu juga diisi dengan pengumpulan donasi buku cerita anak yang akan disalurkan ke delapan belas (18) titik TBAL di Lombok, Wakatobi dan Maluku (Ambon, Pulau Saparua, Pulau Seram dan Pulau Fordata) di mana akses buku bacaan anak-anak yang sesuai dengan usia mereka sangat terbatas di wilayah tersebut.

Bagi yang ingin berdonasi buku atau tunai, selain pada saat kegiatan #WarnaiMimpimu, dapat dikirim ke kantor sekretariat TBAL. Donasi tunai dananya akan digunakan untuk pembelian buku cerita anak-anak dan menunjang keberlangsungan aktivitas TBAL di Indonesia Timur. Informasi lengkap mengenai mekanisme partisipasi dapat dilihat pada situs www.tamanbacaananaklebah.com dan facebook Taman Bacaan Anak Lebah.

Check Also

Jakcloth 2018

Jakcloth 2018 Hadir Dengan Konsep Yang Berbeda.

Jakcloth 2018 Setelah sukses mengunjungi para pecinta clothing di berbagai daerah di Indonesia, The Biggest Youth ...