Breaking News
Home » Event » Roadshow SMAN 14 Jakarta: Gampang dan Tanpa Rumus Fisika!

Roadshow SMAN 14 Jakarta: Gampang dan Tanpa Rumus Fisika!

Roadshow SMAN 14 Jakarta pic1
Tim roadshow CompFest 2013 mengunjungi SMAN 14 Jakarta pada Jumat, 3 Mei 2013

 CompFest 2013, Jakarta – Jumat, 3 Mei 2013 tim #FantasticJourney melakukan roadshow ke SMA Negeri 14 Jakarta yang merupakan sekolah kedua yang didatangi. Dalam kegiatan ini tim #FantasticJourney mengenalkan CompFest 2013 kepada para siswa yang mengikuti roadshow. Acara dibuka dengan sambutan Ardi Kurnianto, ketua ekstrakurikuler IT-TECH 14 (Information Technology Technical 14) yang mengaku sangat senang karena sekolahnya menjadi salah satu tujuan roadshow CompFest 2013.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Vice Project Officer CompFest 2013, Annisa Fitri Shabrina. Selanjutnya, Audry Pragita Putri selaku Manajer Event CompFest 2013 menjelaskan gambaran umum CompFest 2013. Audry menjelaskan bahwa CompFest 2013 ini adalah bentuk kontribusi nyata mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI untuk kemajuan teknologi informasi Indonesia.

Salah satu bentuk kolaborasi yang akan dilakukan oleh CompFest 2013 adalah dengan menyelenggarakan berbagai kompetisi, yang dijelaskan oleh Rasmunandar Rustam sebagai Manajer Kompetisi CompFest 2013. Antusiasme peserta makin terlihat saat diceritakan kisah pemenang kompetisi CompFest 2012 dan diputarkan video tentang animation dan robotics. Salah satu peserta paling antusias adalah Afiq Amhar Nuryadin, yang menanyakan apakah bahasa pemrograman yang dipakai dalam kompetisi Competitive Programming diacak atau peserta boleh memilih sendiri. “Peserta boleh memilih sendiri bahasa yang digunakan,” Rasmunandar Rustam menuturkan, “awalnya hanya boleh pakai Pascal, C, dan C++. Tapi melihat antusiasme para peserta yang ingin menggunakan bahasa Java, maka kami menambah Java dalam daftar bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh peserta Competitive Programming.” Dalam wawancara di akhir roadshow, Afiq menyatakan bahwa ia sangat termotivasi setelah mendengar cerita para juara CompFest 2012 dan sekarang ia tertarik untuk mengikuti kompetisi Competitive Programming.

Roadshow SMAN 14 Jakarta pic2
peserta roadhsow SMAN 14 Jakarta menjalani workshop tentang dengan tema Build Your Own Angry Birds Less Than 2 Hours

 Acara selanjutnya adalah workshop yang diisi oleh Nanda Firdaus, Handre Duriana, dan Zaldy Syahputra dari Microsoft Innovation Center UI. Workshop yang bertema “Build Your Own Angry Birds in Less Than 2 Hours” ini membuat para peserta penasaran. Dipandu oleh Nanda Firdaus, peserta membuat game Angry Birds dengan menggunakan sebuah free software, yaitu Construct 2. Di awal workshop, peserta dikenalkan dengan fitur – fitur dasar yang ada di Construct 2 dan langkah – langkah untuk memasukkan game assets ke dalam canvas. Setelah itu, peserta dibebaskan untuk membuat arena game-nya sendiri sesuai kreativitas masing – masing. Para peserta sangat menikmati jalannya workshop ini. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan kepada Nanda, Handre, dan Zaldy. Selesai membuat arena game dan mengimplementasikan hukum fisika yang telah tersedia di Construct 2, peserta dipandu menambahkan efek gambar dan suara. “Setelah selesai game-nya, nanti bisa kalian export ke HTML5 website, Chrome Web Store, Windows Phone 8, dan sebagainya”, tutur Nanda Firdaus.

Acara ditutup dengan kuis, pengumuman pemenang tweet terbaik, penyerahan plakat kepada Ardi, mewakili IT-TECH 14, serta foto bersama peserta roadshow SMA N 14 Jakarta dan tim #FantasticJourney. “Seru banget kak, ternyata bikin Angry Birds gampang ya! Awalnya aja bingung, tapi setelah dijelasin ternyata gampang dan nggak pakai rumus fisika. Nanti kami akan ngirim perwakilan untuk kompetisi CompFest 2013 juga”, tutur Ardi Kurnianto di akhir acara. (Dipta Tanaya)

Check Also

Smart-Cities-Indonesia-Exhibition-SCIEX-2018

Smart Cities Indonesia Exhibition (SCIEX) 2018

Smart Cities Indonesia Exhibition (SCIEX) 2018 Indonesia International Integrated Digital Infrastructure & Industrial Solutions Dates ...