Breaking News
Home » Event » Ombudsman Ajak Generasi Muda Anti Mal Administrasi

Ombudsman Ajak Generasi Muda Anti Mal Administrasi

Generasi Gaul Anti Maladministrasi
Generasi Gaul Anti Maladministrasi

Apa sih Ombudsman? Ngapain aja kerjanya? Terus, kegiatannya apa saja? Pertanyaan seperti itu mungkin masih terlintas di bagian benak banyak orang. Tak hanya kaum muda, kaum tua pun ada yang masih bingung dengan lembaga yang satu ini.

Sepintas memang kita asing dengan kalimat “Ombudsman Republik Indonesia”, tapi sebenarnya lembaga ini sangat penting perannya dalam mengawasi pelayanan publik di Indonesia.

Ombudsman adalah suatu lembaga yang dibentuk untuk menghadapi penyalahgunaan kekuasaan oleh aparatur pemerintah dan membantu aparatur agar melaksanakan pemerintahan secara efisien dan adil, juga untuk mendorong pemegang kekuasaan melaksanakan pertanggungjawaban serta pelayanan secara baik. Umumnya ombudsman dikenal sebagai lembaga independen yang menerima dan menyelidiki keluhan-keluhan masyarakat yang menjadi korban kesalahan administrasi (maladministration) publik.

Tetapi sesungguhnya ombudsman tidak sekadar sebuah sistem untuk menyelesaikan keluhan masyarakat kasus demi kasus, yang utama mengambil inisiatif untuk mengkhususkan perbaikan administratif atau sistemik dalam upayanya meningkatkan mutu pelayanan masyarakat.

Lantas, apa Maladministrasi?

Maladministrasi adalah perbuatan koruptif yang meskipun tidak menimbulkan kerugian negara, namun mengakibatkan kerugian bagi masyarakat (warga negara dan penduduk) karena tidak mendapatkan pelayanan publik yang baik (mudah, murah, cepat, tepat dan berkualitas).

Maladministrasi merupakan kata yang sangat lekat dengan tugas dan fungsi Ombudsman. Kata ini telah memasyarakat dan menjadi pembicaraan sehari-hari seiring dengan berita tentang kinerja Ombudsman Republik Indonesia dalam mengawal berlangsungnya reformasi birokrasi. Pada umumnya, masyarakat memahami ‘maladministrasi’ sebagai kesalahan administratif ‘sepele’ yang tidak terlalu penting.

Padahal menurut pasal 1 angka 3 Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia, pengertian maladministrasi tersebut sangat luas dan mencakup banyak hal yang dapat menimbulkan kerugian materiil maupun immateriil serta situasi ketidakadilan yang merugikan hak-hak warga negara.

Dalam hukum positif Indonesia ada 9 kriteria yang menjadi kategori maladministrasi yakni perilaku dan perbuatan melawan hukum, perilaku dan perbuatan melampaui wewenang, menggunakan wewenang untuk tujuan lain dari yang menjadi tujuan wewenang tersebut, kelalaian, pengabaian kewajiban hukum, dalam penyelenggaraan pelayanan publik, dilakukan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan, menimbulkan kerugian materiil,dan/atau immaterial, serta bagi masyarakat dan orang perseorangan.

Mengingat pemahaman tentang maladministrasi belum dipahami secara mendalam oleh masyarakat baik tua maupun muda, untuk itu kira perlu disosialisasikan seperti apa yang sebenarnya maladministrasi? Sejauh mana batasannya? Dan, apa hukumnya jika seseorang melakukan maladminitrasi?

Generasi muda merupakan generasi harapan bangsa yang diharapkan dapat membangun bangsa ini menjadi bangsa yang bersih, bangsa yang terbebas dari maladministrasi. Kelak, generasi mereka akan menjadikan anti maladministrasi sebagai budaya. Untuk itulah, sejak dini mereka diberi berbagai masukan tentang apa dan bagaimana maladministrasi itu. Harapannya selain mereka menghindari perbuatan yang melanggar hukum ini, mereka juga bisa menjadi pahlawan anti maladministrasi. Mampu menularkan perbuatan-perbuatan baik yang jujur dan bersih di lingkungannya.

Sehubungan dengan itu Ombudsman Republik Indonesia bekerjasama dengan SMA 6 Jakarta mengadakan kerjasama dalam rangka memberi pemahaman tentang maladministrasi yang berlangsung di masyarakat kepada para siswa dan masyarakat umum. Adapun media yang digunakan melalui workshop yang diberi tema “Public Service Heroes”.

Acara yang terbuka untuk umum ini berlangsung, Sabtu 18 November 2015 di SMA 6 Jakarta, pukul 10.00-15.00. Dalam kesempatan ini Pimpinan Ombudsman Republik Indonesia akan didampingi Kepala sekolah SMA 6 Jakarta.

Selain workshop, juga digelar acara panggung musik bernuansa maladministrasi di Lapangan SMA 6 Jakarta yang berlangsung sejak pukul 13.00 hingga 15.00. Panggung musik ini menghadirkan band Barasuara, Tiket, dan Cliff.

Konser Genggam (Generasi Gaul Anti Maladministrasi)
SMA 6 Jakarta
18 November 2015, pukul 10.00 – 15.00.

More Info
Website: www.ombudsman.go.id
Twitter: @OmbudsmanRI

Check Also

INTERNATIONAL DESIGN SCHOOL GELAR EXHIBITION KARYA MAHASISWA IDS ANGKATAN 2017 BERTEMAKAN “DISTORTED REALITY”

Jakarta, 8 Juni 2018 – IDS | International Design School resmi menggelar acara Exhibiton bertema ...