Breaking News
Home » Automotive » Apple Patenkan CarPlay High-Level Khusus Mobil

Apple Patenkan CarPlay High-Level Khusus Mobil

Apple CarPlay remote high-level (Kompas.com)
Apple CarPlay remote high-level (Kompas.com)

Apple mematenkan sebuah teknologi yang menambah kemudahan di bidang otomotif. Sebuah CarPlay remote high-level khusus mobil yang memungkinkan pengguna membuka pintu mobil, menghidupkan mesin, dan melakukan tugas-tugas otomatis lainnya berdasarkan keinginan pengguna untuk kendaraan mereka.

Lembaga hak paten AS memberikan paten “Accessory control with geo-fencing” kepada Apple. Artinya, sistem baru tersebut memungkinkan iPhone mengoperasikan fitur mobil dari kejauhan saat terkoneksi dengan CarPlay. Penemuan Apple mengambil teknologi yang membawa kekuatan perangkat iOS di dalamnya. CarPlay diibaratkan “kunci” dengan mengandalkan bluetooth dan kemampuan deteksi perimeter.

Apple, sebagai telepon pintar dapat menggunakan sinyal untuk mengidentifikasikan lokasi mobil saat ini dan nanti dengan menghasilkan satu atau lebih geo-fences (kemampuan deteksi perimeter) dengan menggunakan sebagian dari bagian mobil.

Secara teori, bila pengemudi bersama iPhone mendekat pintu otomatis akan membuka, atau bila mobil merasa pengemudi mulai menjauh maka pintu otomatis akan langsung terkunci. Hubungkan aksesoris kendaraan dengan iPhone pada unit CarPlay. Ketika mobil diparkir, sinyal akan terkirim dalam bentuk vCard atau format digital lain yang mendeteksi koordinat geografis dan informasi lokasi lainnya yang memungkinkan mobil cepat merangsang informasi.

Keunggulan lainnya, untuk mencegah kecelakaan ada aturan yang diterapkan pada kontrol kemudi. Misalnya, mesin mobil tidak dapat dihidupkan sampai pengemudi dengan iPhone duduk di posisi yang benar. Instruksi seperti ini mengurangi kerugian baik dalam hal energi ataupun keselamatan pengguna.

Kemungkinan ini sistem CarPlay masih lama bisa diaplikasikan meski sudah dipatenkan cukup lama. Tetapi CarPlay sudah siap diproduksi masal leh berbagai merek, seperti Ferrari, Mercedes-Benz, Honda, dan Hyundai telah sejutu menggunakannya.

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...