Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Yogyakarta Adakan Lomba Desain Motif Batik

Yogyakarta Adakan Lomba Desain Motif Batik

Lomba Desain Motif Batik
Lomba Desain Motif Batik

Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah setempat menggelar lomba desain motif batik yang didasarkan pada tiga motif batik khas Yogyakarta, yaitu ceplok, parang dan semen. Rencananya, lomba desain motif batik ini terbuka untuk umum dan tidak dibatasi domisili.

Peserta lomba sudah bisa melakukan pendaftaran mulai Rabu, 18 Maret dan penyerahan karya dilayani paling lambat pada 7 Mei stempel pos. Karya diserahkan atau dikirimkan ke panitia lomba desain motif batik yang berada di Griya UMKM Kota Yogyakarta. Penyelenggara berharap jumlah karya yang masuk ke panitia lomba bisa mencapai setidaknya 100 desain motif batik.

Peserta diminta menyerahkan karya dalam bentuk sketsa yang digambar di kertas berukuran A3. Panitia kemudian akan menyeleksi karya yang masuk dan memilih 20 desain terbaik. Desain yang terpilih tersebut kemudian akan dituangkan dalam batik tulis di kain sepanjang dua meter.

Sebanyak 14 peserta yang karyanya tidak terpilih akan memperoleh kompensasi uang sebesar Rp300.000, sedangkan enam peserta lainnya akan memperebutkan hadiah berupa uang tunai antara Rp2 juta hingga Rp10 juta.

Desain dari pemenang akan digunakan sebagai seragam bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Dan seluruh desain yang masuk akan menjadi hak milih dari Dekranasda Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Departemen Pengembangan Mutu Kerajinan Dekranasda Kota Yogyakarta Lia Mustafa mengatakan, lomba desain motif batik yang dilakukan Kota Yogyakarta tersebut tidak meniru lomba yang sama yang telah dilakukan di kabupaten lain di DIY.

Semua karya desain batik dari peserta akan dipamerkan di Griya UMKM Kota Yogyakarta.

Informasi lomba
Ririn: 0822 85551 6179
Sudharmono Hadi: 0823 2758 8991

Check Also

poster workshop miles

Miles Film dan International Design School (IDS) Menggelar Seminar “Membuat Soundtrack Film Anak” sebagai Salah Satu Langkah Menyebarkan Lagu Anak Indonesia

 Jakarta, 30 April 2018 –International Design School (IDS) akan menggelar kegiatan seminar bertema “Membuat Soundtrack ...