Breaking News
Home » News & Articles » Tradisi Valentine di Berbagai Negara

Tradisi Valentine di Berbagai Negara

Hari Valentine dirayakan hampir di seluruh dunia dengan memberikan cokelat, bunga, dan berbagai hadiah lain sebagai lambang cinta pada pasangan. Sama seperti perayaan lainnya, hari kasih sayang dirayakan dengan tradisi yang berbeda-beda di tiap negara, khususnya di Jepang dan Korea Selatan.

1. Jepang

test

Pada 14 Februari ada sebuah tradisi dimana perempuan akan memberikansekotak cokelat kepada pria yang disukainya. Namun, jenis cokelat yang diberikan ini tergantung pada status hubungan. Misalnya, kepada atasan, rekan kerja, dan teman pria, mereka akan memberikan cokelat jenis giri-choko. Karena giri memiliki arti kewajiban, maka pemberian cokelat ini tidak menandakan hubungan romantis.

Sebaliknya, cokelat yang akan diberikan kepada kekasih, calon pacar, atau suami disebut honmei-choko. Cokelat ini terasa istimewa karena dibuat sendiri oleh perempuan tersebut.

Tradisi Valentine di Jepang tak berhenti sampai di sini. Satu bulan setelah Valentine (14 Maret), ada White Day. Pada tanggal ini pria akan membalas cokelat yang sudah diterimanya. Namun, saat White Day ada aturan yang bernama sanbai gaeshi, yang berarti pria harus mengembalikan hadiah yang diterimanya paling tidak 2-3 kali lipat dari yang diterima. Tidak mengembalikan hadiah, menunjukkan ia seorang yang egois. Sedangkan mengembalikan hadiah dengan nilai yang sama dianggap sebagai cara untuk mengakhiri hubungan, atau lambang bahwa si pria tak menyukai perempuan itu.

 

 

 
2. Korea Selatan

http://3.bp.blogspot.com/_1xPJVYP1Gsk/THnJ_w8I28I/AAAAAAAAB5g/mz3WX99hmW0/s320/jajangmyun-02.jpg
Tradisi Valentine di Korea mirip dengan tradisi di Jepang. Para perempuan akan memberikan cokelat kepada pria yang disukai pada 14 Februari. Bedanya, masyarakat Korea pada 14 April memiliki tradisi Black Day. Pada hari ini, pria yang tidak menerima apa pun saat Hari Valentine akan pergi ke sebuah restoran China untuk makan mi hitam (Jajangmyeon) sebagai lambang dukacita karena masih lajang.

Source : http://female.kompas.com

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...