Breaking News
Home » News & Articles » Tips Merawat Jok Kulit

Tips Merawat Jok Kulit

Jok kendaraan dari bahan kulit memang terlihat elegan dan mewah. Selain perawatan nyapun juga lebih mudah. Ada beberapa tips bagaimana cara merawat interior kendaraan yang menggunakan bahan dari kulit, yaitu :

  • Merawat jok atau interior kendaraan dari bahan kulit secara umum lebih mudah dibandingkan dengan merawat jok dari bahan yang lain. Karena dari bahan kulit tidak mudah menyerap cairan, kotoran, sisa makanan ataupun debu.

Perawatan yang baik tetap diperlukan agar permukaan interior bersih dan mengkilap. Selain untuk menjaga kebersihan juga untuk menjaga ketahanan pori-pori kulit.

  • Setiap kali mencuci kendaraan, hendaknya membersihkan permukaan jok, cover pintu dan interior dari bahan kulit dengan menggunakan lap basah (lap khusus pencuci kendaraan). Sebaiknya, membersihkan interior kulit kendaraan anda secara berkala dengan menggunakan bahan pembersih kulit yang tersedia di toko asesoris (agar ke-elatis-annya tetap terjaga) dan kulit tidak mudah sobek.
  • Dan yang paling penting adalah, segera bersihkan apabila interior anda terkena kotoran baik berupa makanan, minuman ataupun cairan lainnya. Segera bersihkan permukaan kulit ini apabila terdapat sisa makanan atau cairan yang dapat meninggalkan bekas.
——————————————————————————————————————————————————————————————
——————————————————————————————————————————————————————————————

Untuk perawatan lebih jauh dan lebih awet dapat dilakukan pembersihan segera setelah terkena noda. Cukup gunakan kain lap dan chamois (kain yang dibasahi dengan air). Jangan pernah menggunakan bahan kimia keras untuk membersihkan noda, misalnya : alkohol dan deterjen.

  1. Lakukan pembersihan rutin setidaknya dua bulan sekali dengan menggunakan air bersih dan campuran sabun bayi yang memiliki nilai ph netral. Usapkan pada sekujur jok, dan keringkan segera dengan kain lap katun bersih.
  2. Gunakan “Leather Conditioner” secara berkala setiap 3-4 bulan sekali untuk menjaga kelembaban kulit. Leather conditioner dapat dibeli di toko aksesoris otomotif atau supermarket.
  3. Hindari parkir ditempat yang terik, atau bisa menggunakan sun visor untuk menutupi jendela saat hendak memarkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung 

(red-ucha/JKT)

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...