Home » Event » Art & Culture » Tabalong Ethnic Festival 2016, 15-21 Februari

Tabalong Ethnic Festival 2016, 15-21 Februari

Tabalong Ethnic Festival 2016
Tabalong Ethnic Festival 2016

Tabalong Ethnic Festival akan menghadirkan harmoni budaya Banjar dan Dayak yang menarik untuk disaksikan. Kegiatannya akan berlangsung pada 15-21 Februari 2016 di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam acara ini Anda dapat menyaksikan berbagai pertunjukan budaya, Voice of Borneo, Ethnic Carnaval, Sasirangan Fashion Show, Traditional Martial Art, Traditional Game Workshop, Karasmin Music Festival, Panting Music Festival dan Tourism Expo. Seperti tahun sebelumnya, Ethnic Carnaval mengedepankan fesyen berbasis budaya dan dilombakan untuk umum baik anak-anak maupun dewasa. Begitu pun dengan Karasmin Music Festival dan Sasirangan Fashion Show.

Karasmin adalah tradisi asli Banjar yang dilaksanakan pada saat hajatan. Saat tradisi ini berlangsung, warga akan berkumpul di sekitar rumah yang sedang melangsungkan hajatan untuk membantu dan memberi dukungan. Secara bergotong-royong, dalam tradisi karasmin, mereka akan menghias rumah pengantin seperti membuat lawang sekepeng dengan daun kelapa melingkar, mengukir janur pada pintu masuk rumah, menulis kata dan ucapan kebahagiaan pada dinding rumah, hingga membuat sayur umput kelapa.

Sementara itu, sasirangan merupakan kain cantik khas Banjar yang dibuat melalui teknik jumput. Warna-warna kain ini sangat cantik seperti pelangi, dibuat di atas kain katun hingga sutra yang lembut.

Tabalong sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan, letaknya sekira 270 km dari Kota Banjarmasin. Daerah ini dijuluki “Banua Saraba Kawa” yang artinya Daerah Serba Bisa. Saraba Kawa kembali diurai menjadi tiga istilah, yaitu: Kawa Baucap (bisa mengucapkan), Kawa Manggawi (bisa mengerjakan) dan Kawa Manyandang (bisa bertanggung jawab).

Tabalong Ethnic Festival
Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan
15 – 21 Februari 2016

Check Also

M83 Live in Jakarta

M83 Bakal Konser di Jakarta 21 Mei!

  Para penggemar M83 Indonesia boleh bersuka hati karena band ini telah memasukkan Indonesia dalam ...