Breaking News
Home » News & Articles » Surat Mahatma Gandhi Terjual Miliaran Rupiah

Surat Mahatma Gandhi Terjual Miliaran Rupiah

gandhi

Siapa yang tidak tahu Mahatma Karamchand Gandhi, seorang pahlawan India yang lahir di Porbanar, Gujarat, India Britania pada tanggal 02 Oktober 1869 ini lebih diketahui sebagai seorang pemimpin spiritual dan politikus.

Pada masa kehidupannya, banyak penduduk dari negara-negara yang merupakan koloni dari Britania Raya itu mendambakan kemerdekaan agar dapat memerintah negaranya sendiri.

Gandhi adalah salah seorang juga yang berperan penting dalam Gerakan Kemerdekaan India. Beliau adalah aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, melainkan mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai. Gandhi juga sering menulis surat untuk beberapa petinggi di seluruh dunia salah satunya adalah Hitler, seorang pemimpin Nazi pada masa itu. salah satu surat yang dituliskan oleh pahlawan India tersebut kini telah terjual 115 ribu euro atau sekitar Rp. 1,7 Miliar dalam sebuah acara lelang yang diadakan di Ludlow, Inggris.

Surat tersebut merupakan salah satu surat yang ditulis pada saat Gandhi berada dalam tahanan pasukan Inggris tahun 1943, yang berisikan tentang permohonan beliau untuk dibebaskan.

Surat beralamat dan tertanggal “Kamp Tahanan, 26 Oktober 1943” tersebut merupakan salah satu surat penting yang dibuat Gandhi sebagai bagian dari negosiasi rahasia dirinya pada masa kemerdekaan India. begitulah pendapat Richard Westwood, salah seorang juru lelang yang mengakui mendapatkan surat ini dari lelaki tua yang ikut serta dulunya dalam perjuangan kemerdekaan India.

 

Source : http://www.bbcindonesia.com/ & http://internasional.kompas.com/

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...