Breaking News
Home » Event » Art & Culture » EAL Arts Festival Sulap Sastra

EAL Arts Festival Sulap Sastra

EAL Arts Festival 2013 “Sulap Sastra”

Karya sastra di Indonesia sekarang ini banyak yang telah “disulap” menjadi berbagai macam bentuk karena pengaruh globalisasi yang semakin kuat. Akan tetapi, kaum muda saat ini dirasa membutuhkan ruang yang cukup untuk dapat mengembangkan minat mereka dalam seni dan sastra, karena ruang yang ada saat ini masih kurang untuk menampung kreativitas mereka yang tanpa batas. English Art Lab UI dan Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa Sastra Inggris (IKMI) UI melalui EAL Arts Festival memiliki tujuan untuk menjadi salah satu wadah bagi kaum muda agar dapat mengembangkan minat mereka dalam seni dan sastra. Dengan demikian, mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang penuh kreativitas. Penggunaan bahasa Inggris dalam lomba-lomba pada acara ini juga diharapkan dapat membantu peserta dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

EAL Arts Festival tahun ini, yang mengangkat tema “Sulap Sastra”, merupakan festival kedua setelah festival pertama yang diadakan tahun 2012 dan telah berhasil dilaksanakan oleh EAL dan IKMI UI. Kali ini, akan ada alih media pada karya sastra, seperti kompetisi Bercerita dan Menulis Puisi berdasarkan foto. Perubahan-perubahan inilah yang mendasari tema festival kali ini, yaitu “Sulap Sastra”. Panitia mengundang kaum muda untuk berpartisipasi dalam perlombaan-perlombaan tersebut untuk menuangkan kreativitas mereka dalam “menyulap” sebuah karya.

EAL Arts Festival akan diadakan pada 22-23 Mei 2013 di Auditorium Gedung IV & IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Kampus UI, Depok. Dalam festival ini, akan diadakan perlombaan storytelling (bercerita) dan penulisan puisi yang diikuti oleh siswa/i SMA se-Jabodetabek.

Pada hari pertama, 22 Mei 2013, mulai pukul 09.00 WIB, akan ditampilkan sendratari oleh mahasiswa/i Prodi Inggris FIB UI yang sedang mengikuti mata kuliah Kajian Drama  sebagai Teater. Melalui tari ini, sebuah cerita rakyat Indonesia, akan “disulap” menjadi sebuah rangkaian tarian yang indah.

Pada hari kedua, 23 Mei 2013, pertunjukan teater akan ditampilkan sejak pukul 19.00 WIB oleh mahasiswa/i Prodi Inggris FIB UI yang saat ini sedang mengikuti mata kuliah Kajian Drama sebagai Teater. Penampilan teater ini mengisahkan tentang bagaimana suatu kasus pemerkosaan dapat berpengaruh banyak pada kehidupan seseorang. Dengan biaya sebesar Rp 10.000,00 (presale) atau Rp 15.000,00 (on the spot), penonton akan mendapatkan akses untuk menyaksikan apa yang mungkin terjadi di balik kasus pemerkosaan yang akhir-akhir ini banyak ditemui di media masa.

Untuk penawaran menarik dan info-info tambahan lain, dapat dicek di Twitter @EnglishArtLab atau dengan menghubungi 085717708082 (Ruth). Untuk informasi mengenai tiket, dapat menghubungi 087782816133 (Silviani).

Check Also

Aceh International Rapa'i Festival

Aceh International Rapa’i Festival 2018

Aceh International Rapa’i Festival Festival Musik Perkusi Internasional memiliki daya tarik tersendiri yang bersifat unik ...