Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Solo Batik Carnival 5

Solo Batik Carnival 5

Solo Batik Karnival 2012
Solo Batik Karnival 2012

Tema : Metamorphosis

Solo Batik Carnival 5 kali ini mengusung tema “Metamorphosis”. Metamorphosis yang dimaksud adalah ‘perjalanan’ atau tahapan proses pengerjaan kain batik dari mulai tahap awal yaitu pemotifan sampai pada tahap akhir yaitu menghilangkan malam pada kain batik atau disebut pelorodan. Tema ini deterapkan pada visual kostum dengan arahan dimensi geometrik.

Disamping arahan bentuk dimensi, pada kostum akan diterapkan motif-motif dan war (sogan) batik Surakarta/Solo agar keunikan dari batik Surakarta tetap menonjol. Tema tersebut diharapkan dapat selaras dengan penerapan makeup, koreografi dan property-property pendukungnya.

Konsep Pertunjukan

Pertunjukan Indoor

Pertunjukan Solo Batik Carnival dengan koreografi dimana pagelaran akan dibuka dengan tarian batik kolosal dan akan dilanjutkan dengan Penampilan Solo Batik Carnival Indoor yang akan berkolobarasi dengan artis Nasional dan Putri Indonesia. Pegelaran Indoor akan didukung Lighting & Sound system yang berkualitas. Pertunjukan ini dengan Durasi 60 menit sebelum dilakukan Fashion Carnaval di Jalan Raya. Untuk Pertunjukan Indoor Undangan akan terbagi dalam beberapa Zona dimana untuk Zona VVIP akan disiapkan dengan tradisional Dinner. Makanan yang akan disajikan adalah Nasi Liwet, Cabuk Rambak, Tengleng, Timlo, Pecel ndeso, Wedang Dongo, Asle, ronde serta jamu gendong serta teh/kopi. Dengan Konsep Indoor memberikan sudut pandang kamera yang lebih bagus baik untuk Wartawan Foto, Wartawan TV maupun Fotografer Profesional. Sehingga diharapkan mendapatkan hasil yang maksimal. Diharapkan dengan adanya Pertunjukan Inddor dapat memberikan kenyamanan bagi Penonton yang akan menonton Solo Batik Carnival dan Mengurangi kepadatan Penonton di Jalan Raya.

Fashion On Street

Setelah dilakukan Pegelaran Indor maka Solo Batik Carnival akan keluar dari Stadion Sriwedari menyusuri Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Balaikota. Sedangkan urutan Defile untuk Fashion On The Street adalah : Papan Nama Solo Batik Carnival , Pasukan Drumband dengan Costum Carnival ( AURI / UNS ), Solo Batik Carnival Devile, Kereta Kencana ( Tamu – tamu Kehormatan ), Kendaraan Hias ( Instansi/Sponsor )

Check Also

Aceh International Rapa'i Festival

Aceh International Rapa’i Festival 2018

Aceh International Rapa’i Festival Festival Musik Perkusi Internasional memiliki daya tarik tersendiri yang bersifat unik ...