Breaking News
Home » News & Articles » Smartphone berbasis Firefox OS saingan baru iOS dan Android, telah resmi diluncurkan!

Smartphone berbasis Firefox OS saingan baru iOS dan Android, telah resmi diluncurkan!

Smartphone Berbasis Firefox OS saingan baru iOS dan Android
Smartphone Berbasis Firefox OS saingan baru iOS dan Android

Senin (1/7) kemarin, Mozilla secara resmi melakukan peluncuran produk komersial pertama berupa smartphone berbasis sistem operasi Firefox OS (dikenal dengan FxOS). Perangkat smartphone berbasis Firefox OS yang dilepas ke publik adalah ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire. Peluncuran smartphone tersebut dilakukan di Spanyol dan menggunakan jaringan Telefonica sebagai mitra dari Mozilla. Provider jaringan lainnya yang akan menyusul, yaitu Deutsche Telekom. Ponsel berbasis Firefox OS tersebut rencananya akan merambah pasar smartphone Eropa dan Amerika latin. Belum ada kabar kapan ponsel smartphone berbasis Firefox OS akan hadir di pasar ponsel Indonesia, namun yang jelas Mozilla memang menargetkan pasar negara berkembang.

ZTE Open yang dipasarkan Telefonica akan dijual seharga 69 euro (sekitar Rp 900.000). Harga tersebut sudah termasuk bonus pulsa sebesar 30 euro dan microSD 4 GB. Spesifikasi ZTE Open dilengkapi dengan prosesor Qualcomm MSM7225A Snapdragon 1 GHz, layar touchscreen 3,5 inci HVGA TFT, 256MB RAM dan 512MB ROM dikombinasikan dengan kamera 3.2MP. Selain dilengkapi browser yang mendukung HTML5, Ponsel FxOS tersebut juga dilengkapi beberapa aplikasi terpopuler, seperti Twitter dan Facebook, termasuk peta Nokia Here. Untuk aplikasi tambahan bisa didapatkan melalui Firefox Marketplace.

Sebelumnya,  sudah ada dua ponsel Firefox OS pendahulu yang dijual secara komersial yaitu Keon dan Peak. Akan tetapi, kedua handset itu dijual terbatas dan hanya ditujukan bagi para developer aplikasi. Keon dan Peak mendapat respon positif karena Geeksphone selaku penjualnya melaporkan beberapa kali kehabisan stok.

Firefox OS dianggap sebagai sistem operasi alternatif untuk gadget mobile. Platform baru ini diharap mampu berperan besar dalam persaingan sistem operasi mobile yang saat ini didominasi iOS buatan Apple dan Android buatan Google. Sehingga di pasar ponsel smartphone berbasis Firefox OS saingan baru iOS dan Android.

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...