Breaking News
Home » Directory » Creative » Rama Soeprapto

Rama Soeprapto

rama soeprapto pic

Rama Soeprapto merupakan seorang Artistic Director for Art and Entertainment Events yang telah lama berkecimpung dalam seni pertunjukan drama di tanah air. Selain di Indonesia, pria kelahiran Jakarta tahun 1966 ini beberapa kali terlibat dalam beberapa project pementasan di dalam dan luar negeri.

Project di luar negeri yang pernah ia kerjakan salah satunya adalah menjadi Assistant Director dari Robert Wilson untuk Bugis Epic Musical berjudul “I La Galigo” yang telah dipentaskan di beberapa negara di dunia dan music theater yang bertajuk “Temptation of Saint Anthony”.

Semakin lama jam terbangnya dalam pagelaran seni membuat ia memberanikan diri mempersembahkan pementasan tari Majestic Mask di ArtScience Museum Marina Bay Sand Singapura pada tahun 2012 bekerja sama dengan Rahayu Supanggah, seorang Komposer dan Etnomusikolog Indonesia. Pada bulan Mei 2013 lalu bersama maestro tari Tom Ibnur, ia sukses menggarap Legendra Tari “Padusi” di Jakarta.

Setelahnya, pada bulan Juni 2013 kemarin, sebuah produksi teater yang mengangkat cerita rakyat dengan judul “Drama Musikal Timun Mas” apik ia persembahkan kepada publik.

Kehandalan Rama dalam mengkoordinir berbagai unsur produksi dalam sebuah pementasan, telah dibangun semenjak ia menimba ilmu di Community College of Baltimore, Amerika Serikat pada tahun 1985.

Setelah itu, pada tahun 1985-1990 Rama melanjutkan studi dengan mengambil jurusan Marketing dan Performing Arts di Towson State University, Amerika Serikat.

Ketika kuliah inilah ia berhasil mendapatkan program beasiswa Dekan Seni Pertunjukan, TSU Dance Company dan program pertukaran pelajar Leningrad State Conservatory.

Selain mengembangkan Ilmu Marketing dan Performing Arts, ia juga mengasah profesionalismenya dengan mengambil program studi Produksi Film dan Video pada University of California at Los Angeles (UCLA).

Kesibukannya yang padat dalam dunia pertunjukan, tidak membuat Rama melupakan sisi lain sebagai seorang pengusaha. Saat ini Rama memiliki sebuah Creative Agency dengan nama Coconut Mind yang ia dirikan untuk menuangkan ide dan kreatifitasnya untuk mengerjakan berbagai macam project, terutama dalam bidang seni panggung dan multimedia.