Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Raden Saleh dan/atau Permulaan Seni Rupa Indonesia?

Raden Saleh dan/atau Permulaan Seni Rupa Indonesia?

Raden Saleh dan atau Permulaan Seni Rupa Indonesia pic

Musyawarah Buku
Raden Saleh dan/atau Permulaan Seni Rupa Indonesia?
Pembicara: Nirwan Dewanto
Selasa, 27 Agustus 2013, 19:00 WIB
Serambi Salihara

Terbuka untuk umum
Pendaftaran paling lambat 26 Agustus 2013

Raden Saleh Sjarif Boestaman (1807/1811-1880) adalah pelukis Romantik Hindia Belanda yang populer di Eropa. Terlahir dari keluarga ningrat Jawa, ia mendapat pendidikan melukis pertama kali dari A.A.J. Payen. Atas jasa Payen ia berangkat ke Belanda dan belajar melukis pemandangan dan potret. Selama 20 tahun ia tinggal di sejumlah kota di Eropa, termasuk Dresden, dan ikut mempengaruhi perkembangan seni rupa Jerman. Ia kembali ke Hindia Belanda pada 1851 dan bekerja sebagai konservator lukisan koleksi pemerintah serta melukis potret sejumlah ningrat Jawa.

Raden Saleh sering dianggap pemula modernisme seni lukis Indonesia. Masalahnya, saat itu Indonesia belum lahir, masih Hindia Belanda. Indonesia sebagai wacana politik baru muncul di awal abad ke-20. Mengapa orang menyebu-nyebut Raden Saleh sebagai pengawal seni rupa Indonesia modern? Benarkah Raden Saleh mengancang visi seni rupa yang kelak diamalkan oleh para pendiri seni rupa Indonesia modern di abad ke-20?

Musyawarah buku tentang Raden Saleh ini akan menghadirkan Nirwan Dewanto sebagai pembicara. Nirwan akan membicarakan kiprah Raden Saleh berdasarkan sejumlah sumber. Di samping sebagai kurator seni rupa, Nirwan Dewanto adalah  seorang penyair dan esais.

Info lebih lanjut : http://salihara.org/event/2013/06/24/raden-saleh-danatau-permulaan-seni-rupa-indonesia

Check Also

Aceh International Rapa'i Festival

Aceh International Rapa’i Festival 2018

Aceh International Rapa’i Festival Festival Musik Perkusi Internasional memiliki daya tarik tersendiri yang bersifat unik ...