Java Sounds Fair 2014
Upcoming Event
Home » Event » Art & Culture » “Pulang” Karya Leila S. Chudori

“Pulang” Karya Leila S. Chudori

cover-pulang-leila-s-chudori

Musyawarah Buku

Selasa, 29 Januari 2013, 19:00 WIB

Pulang karya Leila S. Chudori

Pembicara: Robertus Robet & Bagus Takwin

Serambi Salihara | Terbuka untuk umum

Pendaftaran paling lambat 28 Januari 2013

 

Pulang (Kepustakaan Populer Gramedia, 2012) adalah novel tentang drama keluarga, persahabatan, cinta dan pengkhianatan berlatar belakang peristiwa sosial-politik: 30 September 1965 dan Mei 1998 di Indonesia, serta Mei 1968 di Prancis.

Adalah sejumlah wartawan Indonesia yang meliput sebuah konferensi di Cile dan terpaksa menjadi kaum eksil setelah tragedi 30 September 1965. Mereka kemudian memilih Paris, Prancis, sebagai tempat tinggal. Lintang, anak seorang eksil yang kawin dengan perempuan Prancis, akhirnya pulang ke Indonesia menjelang kejatuhan Presiden Soeharto. Ia ingin menelusuri kisah keluarganya dan nasib orang yang dibunuh dan hilang setelah tragedi itu.

Apa yang terkuak kemudian bukan sekadar masa lalu ayah Lintang dengan perempuan bernama Surti Anandari, tetapi juga bagaimana sejarah paling berdarah di Indonesia itu berkaitan dengan ayahnya dan kawan-kawan ayahnya. Bersama anak seorang korban tragedi 1965 Lintang kemudian merekam kerusuhan Mei 1998 dan kejatuhan Presiden Soeharto.

Diskusi ini akan menampilkan pembicara Robertus Robet, pengajar di Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta, dan Bagus Takwin, pengajar di Fakultas Psikologi Univertsitas Indonesia, Depok.

 

Source: http://salihara.org/