Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Pesta Laut Pantai Pagatan Tanah Bambu Mappanretasi

Pesta Laut Pantai Pagatan Tanah Bambu Mappanretasi

Pesta Adat Mappanretasi
Pesta Adat Mappanretasi

Ajang tahunan yang menjadi pelabuhan budaya bagi seluruh suku di Kabupaten Tanah Bambu (Tanbu). Acara yang akan digelar dikenal dengan nama Mappanretasi (pesta laut). Bukan hanya sekadar upacara adat, Mappanretasi meliputi ikatan persaudaraan karena melibatkan berbagai suku yang ada di Tanah Bambu.

Pesta laut ini dilaksanakan selama tiga minggu di bulan April. Dan puncak Mappanretasi dilaksanakan pada minggu terakhir bulan April. Pada acara puncaknya akan dimeriahkan oleh kapal-kapal nelayan berhiasan menuju ke tengah laut. Selain itu, selama hampir tiga minggu, kota Pagatan setiap sore dan malamnya sejak dibuka hingga ditutupnya pesta adat nelayan pagatan terdapat pasar malam.

Agenda wisata tahunan ini bertujuan untuk memberi makan laut sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil laut yang melimpah. Para nelayan menggunakan cara melarung sesajen sambil mengiring ayam berwarna hitam yang dibawa naik kapal nelayan.

Yang memimpin acara sakral selamatan laut ini disebut Sandro. Sandro merupakan gelar yang diperoleh turun temurun melalui titisan leluhurnya yang tidak dapat diambil alih oleh orang lain. Sandro Mappanretasi didampingi 12 pengiring atau dayang yang terdiri dari 6 orang perempuan dan 6 orang laki-laki.

Check Also

poster workshop miles

Miles Film dan International Design School (IDS) Menggelar Seminar “Membuat Soundtrack Film Anak” sebagai Salah Satu Langkah Menyebarkan Lagu Anak Indonesia

 Jakarta, 30 April 2018 –International Design School (IDS) akan menggelar kegiatan seminar bertema “Membuat Soundtrack ...