Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Perayaan Paling Meriah Cap Go Meh Singkawang 2016

Perayaan Paling Meriah Cap Go Meh Singkawang 2016

Cap Go Meh Singkawang 2016
Cap Go Meh Singkawang

Cap Go Meh Singkawang ialah perayaan yang diadakan tiap tahun dan merupakan acara Cap Go Meh paling meriah di Tanah Air. Jadilah saksi kemeriahan Perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat, yang puncaknya jatuh pada tanggal 23 Februari 2016.

Kota Singkawang pada saat Cap Go Meh dipercaya menjadi pusat berkumpulnya para dewa. Setiap 15 hari setelah tahun baru Imlek, warga Tionghoa di seluruh dunia merayakan Cap Go Meh yang ditujukan sebagai penutup dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek. Potret perayaan Cap Go Meh di Singkawang diramaikan dengan pertunjukan barongsai, ular naga, choi lam shin atau keranjang jelangkung dan yang paling istimewa adalah atraksi tatung.

Dalam kepercayaan Tionghoa, ritual pawai tatung diyakini mampu mengusir roh-roh jahat dari seluruh penjuru kota. Para tatung dirasuki oleh roh leluhur sehingga di bawah alam sadar mereka mempertunjukkan ilmu kesaktiannya seperti menusuk pipi, kebal dengan senjata tajam, hingga aksi mengupas kelapa dengan gigi. Atraksi ini dapat disaksikan di Pasar Tengah, Kota Singkawang. Jangan terkejut apabila Anda melihat tatung yang muncul dengan baju penuh darah. Meskipun demikian, konon luka-luka tersebut dapat sembuh dengan cepat.

Singkawang merupakan kota kedua terbesar di Provinsi Kalimantan Barat setelah Pontianak. Tidak seperti kota-kota lain di Indonesia, Singkawang memiliki suasana oriental yang berbeda dengan kehadiran ratusan kuil yang ditemukan di hampir setiap sudut kota. Hal ini karena lebih dari 70% penduduk Singkawang adalah keturunan Tionghoa, terutama dari suku Hakka dan beberapa suku Teochew. Lainnya adalah Melayu, Dayak dan etnis lainnya di Indonesia.

Cap Go Meh Singkawang 2016
Kota Singkawang, Kalimantan Barat
23 Februari 2016

Temukan informasi sejenis di laman berikut.

http://wisatasingkawang.com/tag/cap-go-meh-singkawang-2016/

Check Also

poster workshop miles

Miles Film dan International Design School (IDS) Menggelar Seminar “Membuat Soundtrack Film Anak” sebagai Salah Satu Langkah Menyebarkan Lagu Anak Indonesia

 Jakarta, 30 April 2018 –International Design School (IDS) akan menggelar kegiatan seminar bertema “Membuat Soundtrack ...