Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Pameran Tunggal Lukisan Augustin Sibarani

Pameran Tunggal Lukisan Augustin Sibarani

PAMERAN TUNGGAL LUKISAN AUGUSTIN SIBARANI 1973 -2013 DRAMATIC EXPRESSIONIST

Kamis, 22 Agustus 2013 pukul 19.30 wib

Pameran Berlangsung 23 – 29 Agustus 2013 pukul 10.00 – 18.00 wib

Goresannya tegas, ekspresif. Humornya pahit. Para penguasa tengik dan kaum elit munafik mudah terkapar oleh karya-karya karikaturnya. Itulah Augustin Sibarani, nama besar di dalam humor politik yang disegani. Ahli Indonesia Ben Anderson menganggapnya sebagai tokoh utama karikaturis. Namun tidak banyak yang menyadari bahwa Sibarani sesungguhnya juga pelukis. Karya-karya lukis seniman yang kini 87 tahun itu akan ditampilkan di dalam pameran ini.

Sebagian dari karyanya berkisah tentang kehidupan di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia – ia berpangkat Letnan. Sebagian yang lain menonjolkan pandangan pribadinya atas kesenjangan sosial ekonomi dan keruwetan politik yang tetap menjajah negeri ini.   Banyak di antaranya tampil dengan gaya karikatural, menampakkan jejak-jejak seorang pengritik yang tidak pernah jemu mengingatkan tujuan ideal berbangsa dan bernegara.   Para gelandangan, pengamen, wong cilik, dan orang-orang yang tersingkir, serta wajah-wajah jelata, menghiasai kanvasnya dengan berbagai cerita. Beberapa lukisan merupakan cerminan dari sisi hidupnya yang lain: seorang suami, dan seorang keras hati yang sempat juga tersentuh oleh keindahan alam.

Di tengah carut marut dunia kontemporer kita, dengan suasana sosial politik yang tak jauh beranjak dari masa-masa ketika karikaturnya berupaya melucuti berbagai kemunafikan, maka karya-karya lukisnya mengingatkan kembali kesejatian kita.  Karya-karyanya menawarkan nilai-nilai yang dipeluk seorang seniman yang dikhianati oleh pemerintahnya, namun tetap mencintai bangsanya dengan sepenuh hati.

Sumber : http://www.bentarabudaya.com/agenda.php?id=1414

Check Also

Aceh International Rapa'i Festival

Aceh International Rapa’i Festival 2018

Aceh International Rapa’i Festival Festival Musik Perkusi Internasional memiliki daya tarik tersendiri yang bersifat unik ...