Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia 2015

Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia 2015

Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia 2015
Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia 2015

Galeri Nasional Indonesia akan menggelar “Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia 2015: Nala­r | Sensasi | Seni” pada 9-23 April 2015. Perhelatan ini merupakan wujud realisasi salah satu fungsi Galeri Nasional Indonesia dalam hal melaksanakan pameran dan layanan edukasi di bidang seni rupa.

Tema Nala­r | Sensasi | Seni dipilih oleh tim kurator yaitu Suwarno Wisetrotomo, Citra Smara Dewi, dan Rizki A. Zaelani, serta Bayu Genia Krishbie sebagai asisten kurator, untuk memberi ruang ekspresi pada para mahasiswa yang memiliki minat dan potensi di bidang seni rupa dengan memberikan kesempatan untuk menunjukkan kualitas (gagasan, nalar, visual) yang meliputi proses kreatif, perumusan nalar, membangun seni, mengelola sensasi, dan mengartikulasikan (mengkomunikasikan) karya seninya.

Tema inilah yang diterjemahkan para calon peserta (mahasiswa) ke dalam karya seni rupa untuk didaftarkan pada Open Application sebagai tahap awal pameran ini. Open Application yang telah dimulai sejak Februari 2015 hingga 13 Maret 2015 ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa. Terbukti dengan calon peserta terdaftar mencapai jumlah 500 orang lebih dengan jumlah karya mendekati kisaran 1.000 karya, dari 67 perguruan tinggi di 13 provinsi di Indonesia dan 2 (dua) perguruan tinggi di luar negeri (Singapura dan Tiongkok).

Setelah melalui proses seleksi oleh tim Kurator Galeri Nasional Indonesia, tersaring sebanyak 105 peserta dengan 105 karya, yang berasal dari 27 perguruan tinggi di 10 provinsi di Indonesia.­ Sedangkan jenis karya yang terpilih yang juga akan disuguhkan dalam pameran ini meliputi lukisan, drawing, fotografi, seni grafis, mural, seni batik, patung, seni keramik, instalasi, dan video art.

Selama pameran berlangsung, akan diselenggarakan rangkaian acara berupa Diskusi Seni Rupa “Sensasi dalam Kreatifitas” pada Jum’at 10 April 2015, pukul 13.00 WIB, di Ruang Seminar Galeri Nasional Indonesia, dengan menghadirkan peserta mahasiswa terpilih sebagai pembicara yaitu Muhammad Rido (Mahasiswa FSR ­IKJ) dan Restu Taufik Akbar (Mahasiswa FSRD ITB), serta Rizki A. Zaelani (Kurator Galeri Nasional Indonesia) sebagai moderator. Acara tersebut akan menampilkan proses kreatif para pembicara dalam mencipta karya, dengan menyisipkan dialog santai sehingga peserta acara ini dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Selain itu, rangkaian acara juga akan diisi dengan Motivasi Rupa “Membangun Mental Kreatif”, pada Jum’at, 17 April 2015, pukul 15.00 WIB, di Arena Terbuka Galeri Nasional Indonesia, dengan menghadirkan Dolorosa Sinaga (Perupa/Pematung dan Akademisi) sebagai narasumber dan Zamrud Setya Negara (Motivator) sebagai moderator.

Dengan dihelatnya “Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia 2015: Nala­r | Sensasi | Seni” beserta rangkaian acaranya, diharapkan ajang ini dapat menjadi wadah penyaluran ide-ide kreatif para mahasiswa untuk menunjukkan potensi, kreativitas, dan pencapaian artistik mereka, juga untuk memetakan bagaimana peran perguruan tinggi dalam mencetak insan kreatif yang memiliki kemampuan berkarya di bidang kesenian.

Selain itu juga diharapkan bisa menjadi sarana untuk saling memotivasi antarmahasiswa, mengukur potensi dalam berkarya, serta ajang interaksi para mahasiswa untuk memacu dan meningkatkan wawasan serta keterampilannya di bidang seni rupa dan desain. Secara lebih luas, diharapkan pameran ini dapat memberikan tambahan pengetahuan seni rupa kepada para pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

Contact Person:

Desy Novita Sari
Telp : (021) 348 33954
Fax : (021) 381 3021
Email : desy.sari@kemdikbud.go.id
Website : www.galeri-nasional.or.id
Alamat : Galeri Nasional Indonesia Jl. Medan Merdeka Timur 14 Jakarta Pusat 10110

Check Also

poster workshop miles

Miles Film dan International Design School (IDS) Menggelar Seminar “Membuat Soundtrack Film Anak” sebagai Salah Satu Langkah Menyebarkan Lagu Anak Indonesia

 Jakarta, 30 April 2018 –International Design School (IDS) akan menggelar kegiatan seminar bertema “Membuat Soundtrack ...