Breaking News
Home » News & Articles » Open Animation Competition: Academy 1 Day 2

Open Animation Competition: Academy 1 Day 2

CompFest2013, Depok – Hari ini adalah hari terakhir Academy 1 Open Animation Competition. Para peserta sudah berkumpul di Fasilkom UI sejak pukul 09.00 untuk sarapan bersama. Acara dimulai pada 09.30, dibuka oleh MC Ahmad Fajar untuk menyambut pagi yang semangat ini. Setelah itu Pak Hizaro melakukan briefing singkat kepada semua peserta.

Narasumber yang datang pada pagi hari ini ada dua orang yaitu Aditia A. Pratama (CG Artist) dan Ramdhan Dwiputra (CGArtist /Animator), pendiri Kampoong Monster Studios. Mereka berdiskusi dengan para peserta untuk sharing pengalaman mereka. Ramdhan menjelaskan bahwa membuat animasi degan open source lebih disarankan. “Open source tidak kalah jauh kemampuannya, yang penting tau cara menggunakannya” ujar Ramdhan.

 

open animation academy day 2 pic1
Mas Ramdhan dan Mas Adit dari Kampoong Monster Studios sharing pengalaman kepada peserta

Selain itu, mereka juga memberikan motivasi bagi para peserta untuk memajukan animasi Indonesia agar tidak didominasi bangsa lain. Sekarang sudah saatnya perang ide. Bangsa Indonesia harus dapat menggarap ladang animasinya untuk dapat berkembang. Peserta pun diharapkan dapat menjadi pahlawan yang dapat mempertahankan ladang animasi Indonesia.

Setelah sesi sharing dan motivasi, sesi tanya jawab dimulai pada pukul 10.15. Salah satu pertanyaan yang diajukan yaitu bagaimana cara mengatasi plagiarisme mengingat kurangnya kebijakan mengenai legalitas dan hak cipta karya di Indonesia. Pak Adit pun menjelaskan kepada peserta agar jangan takut untuk menyebarkan karyanya. Sekarang di Youtube telah ada sistem yang dapat melacak pemilik dari suatu karya yang diunggah. Pemilik dapat mengklaim karyanya yang telah tersebar dan terbajak, dan secara tidak langsung, pembajak akan dibuat agar mempromosikan karya pemilik asli.

Setelah semua pertanyaan yang diajukan terjawab, sesi sharing dengan narasumber dan tanya jawab ini berakhir pada 11.15. Kemudian peserta melakukan diskusi per kelompok untuk menentukan cerita dari animasi yang akan mereka buat. Setelah itu mereka sharing ide cerita yang akan dibuat animasi berdasarkan hasil OACQuest yang dipilih sampai pukul 12.30, dan dilanjutkan dengan ishoma.

Acara dilanjutkan kembali pada jam 13.30, dengan pembicara pertama Dera Kaesar dan Sandika (Ayena Studio). Dera mempresentasikan berbagai karya dan penghargaan yang dimiliki oleh Ayena Studio, salah satunya dengan menayangkan sebuah serial animasi dari Ayena Studio yang berjudul ‘Super Neli’.  Setelah itu, ia menjelaskan teknis dari produksi dan pemasaran animasi yang merupakan hal penting bagi para peserta.

open animation academy day 2 pic2
seminar proses produksi animasi dan workshop bersama Mas Dera dari Ayena Studio

 Selanjutnya, Mas Dera memberikan tips-tips dalam membuat animasi menggunakan Blender, terutama untuk proses rigging. Untuk mempelajari lebih lanjut, peserta mencoba secara langsung melalui workshop yang dibagi menjadi tiga konten utama, rigging, animating, tahapan produksi. Untuk para peserta yang belajar rigging dan animasi dipandu oleh Dera dan Sandika, sementara peserta yang belajar tentang tahapan produksi diarahkan oleh Mas Irvan. Peserta pun mengikuti workshop dengan serius.

di penghujung Academy 1, peserta dan trainer berfoto bersama
di penghujung Academy 1, peserta dan trainer berfoto bersama

Setelah semua rangkaian acara Academy 1 ini berakhir pada 16.00, peserta melakukan foto bersama lalu peserta kembali ke rumah masing-masing. Semoga mereka dapat segera mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama dua hari ini dan dapat menghasilkan karya animasi yang fantastic! Selamat berjuang! (Ika Apriyanti Muiz/Alivia Khaira)

 

 

 

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...