Breaking News
Home » News & Articles » Open Animation Competition: Academy 1 Day 1

Open Animation Competition: Academy 1 Day 1

CompFest2013, Depok – Setelah mendapatkan 30 orang finalis terbaik dari proses pendaftaran Open Animation Competition, pada tanggal 29-30 Juni 2013 ini CompFest mengadakan Academy 1 bagi para peserta terpilih. Academy ini bertujuan untuk membekali peserta dengan berbagai pengetahuan baru di bidang animasi dan memperdalam ilmu yang telah mereka kuasai. Peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia pada hari ini dikumpulkan di Fasilkom UI, Depok untuk menjalani Academy 1 pada hari pertama.

Acara dibuka oleh MC pada jam 13.40 lalu dilanjutkan dengan sambutan panitia Open Animation Competition. Panitia sangat mengapresiasi antusiasme para peserta yang semangat untuk membuat film animasi dan ingin belajar untuk bekerja dalam tim dalam menghasilkan karya yang dapat diapresiasi. Dan semangat pun semakin bertambah karena ternyata hadiah dari Open Animation Competition ini bertambah! Sekarang juara 1 akan mendapatkan Rp 10.000.000,00, juara 2 akan mendapatkan Rp 7.000.000,00 dan juara 3 akan mendapatkan Rp 4.000.000,00.

Setelah sambutan dari panitia, komunitas Blender Indonesia yang kali ini berkolaborasi dalam Open Animation Competition, turut memberikan sambutan. Hizaro, wakil dari Blender Indonesia, menyampaikan berbagai pesan untuk memotivasi para peserta. Hizaro juga mengungkapkan salah satu masalah para animator di Indonesia, “Karya yang tidak menang itu bukan karya yang tidak bagus, tapi karya yang salah masuk kategori”. Hal inilah yang juga merupakan tujuan Open Animation Competition dalam mengumpulkan berbagai peserta dalam tim agar mereka lebih tepat sasaran dalam berkompetisi.

compfest animation academy pic1
peserta melakukan perkenalan masing-masing dilanjutkan dengan sesi penjelasan tentang Academy 1

Peserta yang ada tidak hanya yang terjun langsung di dunia animasi, tapi juga dari berbagai bidang lain yaitu modeller, sound engineer dan ilustrator. Dengan keanekaragaman ini tiap peserta dapat belajar dalam tim dan mengenal sudut pandang suatu karya animasi dari berbagai bidang. Banyak sekali harapan yang disampaikan oleh para peserta tentang apa yang mereka inginkan setalah melewati kompetisi ini. “Saya mau buat karya yang ada hasilnya dan ingin tau cara ngembangin chemistry antar anggota tim. Saya juga mau memajukan animasi, buktikan kalau kita anak Indonesia punya sesuatu yang bisa diapresiasi!”, kata salah satu peserta.

Peserta akan bekerja dalam tim yang nantinya dibagi berdasarkan minat dan keahlian masing-masing. Menurut Pak Hizaro, pada dasarnya peminatan dalam bidang animasi ini dibagi menjadiart  dan teknis. Pak Hizaro juga menjelaskan kalau selama masa kompetisi ini, peserta akan memakai aplikasi yang open source agar dapat berjalan di semua sistem operasi.

Untuk Open Animation Competition Academy 1 hari pertama, goal yang ingin dicapai adalah membuat sebuah animatic storyboard dari premis-premis yang dihasilhan dari OACQuest. Salah satu skill yang dibutuhkan adalah bagaimana peserta dapat memilih cerita dan bagaimana cerita itu digambarkan. Peserta akan dibuat untuk memaksimalkan sumber daya yang ada dengan keterbatasan waktu dan tim.

Setelah sambutan yang disampaikan pak Hizaro, peserta ishoma pada jam 15.15 lalu acara dilanjutkan kembali pada 16.00 dengan talkshow . Talkshow ini menghadirkan 3 orang narasumber yaitu Afif Numbo (CG Artist and Concept Art Caravan Studio), Heri Kurniawan (Film Maker “Keripik Sukun Mbok Darmi”) dan Cak Ncop (Digital Imaging Artist).  Secara garis besar talkshow  ini menceritakan pengalaman para narasumber di bidangnya, Pak Sofyan yang telah lama bergelut di bidang 2D, Pak Afif yang menjadi ilustrator hebat yang mampu cepat beradaptasi dengansoftware, dan Pak Heri yang suka memenangkan festival-festival film.

peserta mendapatkan ilmu mengenai animasi dari Pak Her Kurniawan, Cak Ncop, dan Pak Afif Numbo
peserta mendapatkan ilmu mengenai animasi dari Pak Her Kurniawan, Cak Ncop, dan Pak Afif Numbo

Selama talkshow para narasumber hebat ini mendemokan karya-karya mereka. Pak Afif mendemokan caranya membuat ilustrasi secara langsung di aplikasi yang belum pernah dikenalnya sebelumnya yaitu MyPaint. Setelah itu Pak Heri menayangkan film animasi “Keripik Sukun Mbok Darmi”. Semua karya ini berhasil menarik perhatian para peserta dan memberikan motivasi lebih untuk mereka dalam berkarya. Talkshow berakhir pada 18.15 dan dilanjutkan dengan ishoma hingga 19.30.

Acara selanjutnya adalah training dan pembagian kelompok per role. Pak Adhi Hargo dan Pak Hizaro kemudian mempresentasikan tentang teknis pembuatan animasi. Training oleh Pak Adhi ini memberikan overview dari aplikasi Blender kepada peserta. Pak Adhi menekankan teknis penamaan file dan topologi desain. Selain itu, ia memperlihatkan beberapa karya film animasinya.

peserta mendapatkan seminar tentang Project Management oleh Pak Adhi Hargo
peserta mendapatkan seminar tentang Project Management oleh Pak Adhi Hargo

Disela-sela training, untuk meningkatkan kembali semangat para peserta agar tidak mengantuk, panitia mengadakan games OAC Bulaga. Kemudian training dilanjutkan kembali oleh Pak Hizaro setelah pembagian semua peserta menjadi 3 kelompok.

Acara pun berakhir pada 22.00. Semua peserta kembali ke tempat karantina atau rumah masing-masing untuk beristirahat. Mereka akan melanjutkan Academy 1 pada besok pagi di tempat yang sama, Fasilkom UI. Semangat untuk semua peserta! (Ika Apriyanti Muiz/Alivia Khaira)

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...