Home » Directory » Profesionals » Ohan Adiputra – Sutradara/Ast. Sutradara Teater

Ohan Adiputra – Sutradara/Ast. Sutradara Teater

ohan2Pria kelahiran Jakarta, 29 Desember 1962 ini telah terjun dalam dunia seni peran sejak masih duduk di bangku SMA Negeri 6 Jakarta. Keseriusannya dalam berseni peran telah mengantar ia menjadi Sutradara terbaik pada Festival Teater Jakarta Tahun 1985. Teater legendaris “Teater Koma” dengan lakon “Sampek Engtay” telah ia ikuti sejak tahun 1988 dan pada tahun 1995 ia sudah mulai menjadi asisten sutradara dalam Teater Koma. Selain terlibat sebagai pemain dan sutradara, ia juga aktif sebagai pemusik dalam teater yang biasa digelar tahunan di komplek TIM tersebut.

Beberapa karyanya dalam urusan menggarap seni peran antara lain; Tahun 1990, mendapat Grand dari The Japan Foundation untuk Pelatihan Penyutradaraan di Osaka, Jepang. Sebagai Co. Sutradara pada Penggarapan “Opera Anoman” untuk Pertunjukkan 1 Tahun di Teater Tanah Airku, TMII. Tahun 2000, bersama N. Riantiarno, menggarap lakon “Sampek Engtay” dalam Bahasa Inggris di Victoria Hall, Singapore, dalam Kolaborasi 3 Negara, Indonesia, Malaysia dan Singapura. Tahun 2011, Bersama N. Riantiarno, Membangun Wahana “Funtastique Multimedia Show” dengan Lakon “Timun Emas” di Ecopark Ancol.

Selain teater-teater di atas, masih banyak karya yang telah digarap pria yang punya ciri khas rambut tipis tersebut. Bekerjasama dengan Sutradara Rama Soeprapto, ia menggarap Legendra Tari “Padusi”,  Drama Musikal “Timun Mas” dan Drama Musikal “Prahara Cinta Badai Kasih” beberapa waktu lalu.

Check Also

santi bonis tb

Santi Bonis

Wanita kelahiran 5 April ini sudah tertarik dengan dunia seni sejak usia dini, yg membawanya ...