Breaking News
Home » News & Articles » Melatih Diri Menjadi Decision Maker Di Robotics Competition

Melatih Diri Menjadi Decision Maker Di Robotics Competition

compfestrobotic

CompFest 2013, Depok – CompFest 2013 kini kembali hadir dengan rangkaian kompetisinya. Salah satu kompetisi yang diselenggarakan oleh CompFest tahun ini adalah Robotics Competition. Kompetisi ini telah hadir pada acara CompFest di tahun-tahun sebelumnya. Kompetisi ini memberi tantangan kepada peserta untuk menemukan sebuah algoritma yang tepat agar masing-masing robot yang dimiliki peserta dapat memecahkan masalah-masalah yang diberikan. Terdapat dua kategori di dalam Robotics Competition tahun ini, yaitu kategori SMP/sederajat dan kategori SMA/sederajat. Kategori SMA/sederajat telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, sementara kategori SMP/sederajat baru mulai diselenggarakan tahun ini.

Robotics Competition tingkat SMP/sederajat ini merupakan kompetisi yang mengadopsi konsep Imagine-Rule Robotics Competition, yaitu kompetisi yang bertujuan untuk memecahkan maze berupa 8×8 petak bujur sangkar, dimana terdapat satu petak start, satu petak finish, beberapa petak halangan dan beberapa petak checkpoint pada maze. Poin yang diperoleh peserta ditentukan dari checkpoint yang dilalui dan waktu yang ditempuh. Peserta yang mencapai posisi finish dengan poin tertinggi akan memenangkan pertandingan. Robot yang digunakan oleh peserta adalah Fischertechnik Robo Mobile Set yang sudah disediakan panitia. Peserta akan memprogram robot menggunakan software RoboPro.

Untuk mengikuti Robotics Competition kategori SMP/sederajat ini, para peserta tidak harus memiliki latar belakang di dalam bidang robotik, karena sebelum hari diselenggarakannya kompetisi para peserta akan mendapatkan pelatihan dari panitia.  “Kompetisi ini diharapkan dapat melatih logika serta melatih para peserta untuk menjadi decision maker yang baik” ujar Person in Charge Robotics Competition, Irfan Nur Afif. Dalam kompetisi ini, masing-masing tim akan dipinjamkan kit robot dari KlubRobotik, yang menjadi sponsor kompetisi ini. Para siswa-siswi SMP/sederajat dapat mengikuti kompetisi ini dengan mengirimkan tim yang masing-masing beranggotakan maksimal dua orang.

Mengingat tingginya tingkat antusiasme peserta dari tahun-tahun sebelumnnya, untuk Robotics Competition kategori SMA/sederajat akan mengangkat konsep yang sama dari Robotics Competition tahun lalu, Maze-Solving Robotics Competition. Dalam kompetisi ini, peserta akan diberikan sebuah maze dalam wujud lintasan hitam diatas putih yang nantinya akan diselesaikan dengan algoritma tertentu menggunakan robot yang dibawa sendiri oleh peserta. Peserta yang dapat menyelesaikan lintasan yang telah diberikan dengan waktu tercepat akan menjadi pemenang. Kompetisi dibagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final, tentunya dengan tingkat kesulitan beragam. Kompetisi ini dapat diikuti oleh siswa-siswi SMA/sederajat dengan mengirimkan tim yang masing-masing beranggotakan maksimal tiga orang.

Robotics Competition yang diselenggarakan oleh CompFest tahun ini menyediakan hadiah menarik untuk para pemenang pada masing-masing kategori. Untuk para pemenang Robotics Competition  kategori SMP/sederajat, CompFest 2013 menyediakan hadiah sebesar Rp 4.000.000 untuk pemenang pertama, Rp 3.500.000 untuk pemenang kedua, dan Rp 2.000.000 untuk pemenang ketiga. Sementara untuk para pemenang kategori SMA/sederajat, hadiah akan berupa uang tunai sejumlah Rp 5.000.000 untuk pemenang pertama, Rp 4.500.000 untuk pemenang kedua, dan Rp 3.000.000 untuk pemenang ketiga.

Robotics Competition ini akan dibuka pada tanggal 1 Mei 2013. Bagi yang berminat untuk menjadi peserta, dapat langsung mendaftarkan tim-nya dengan mengunjungi situs resmi CompFest di compfest.web.id dan simak info-info terbaru dari CompFest di akun twitter @CompFest dan facebook di www.facebook.com/Compfest. (Intan Kusumadewi Utami)

http://compfest.web.id/assets/img/competition/logo-robotic.png

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...