Breaking News
Home » Event » Kerja Bakti di Festival Gerakan Indonesia Mengajar

Kerja Bakti di Festival Gerakan Indonesia Mengajar

Kerja Bakti di Festival Gerakan Indonesia Mengajar
Kerja Bakti di Festival Gerakan Indonesia Mengajar (Festival GIM)

Setelah mengirimkan Pengajar Muda ke pelosok negeri selama tiga tahun terakhir, sejauh ini Indonesia Mengajar telah menyaksikan ribuan orang bekerja secara rendah hati ikut membangun negeri ini. Ada banyak guru, kepala sekolah, pejabat pemerintah daerah, tokoh agama, tentara, polisi, dokter dan masih banyak lagi yang tetap bekerja dengan penuh semangat dan seringkali melebihi dari yang diwajibkan atas mereka. Banyak guru-guru memberi jam bekerja lebih dari yang disyaratkan dan menjaga generasi masa depan kita lebih dari yang dimandatkan sebatas seorang guru. Mereka telah memberi pada Republik ini lebih dari yang diminta.

Gerakan Indonesia Mengajar mengundang masyarakat Indonesia untuk hadir di Festival Gerakan Indonesia Mengajar (Festival GIM) yang akan diadakan di Ecovention Hall, Ancol pada 5-6 Oktober 2013. Di Festival GIM, ribuan relawan pengunjung akan diajak melakukan kerja bakti mendukung pendidikan Indonesia dengan membuatkan materi belajar bagi SD-SD di ujung republik.

Kita secara bersama-sama akan mewujudkan jejaring persaudaraan dengan daerah-daerah penempatan Pengajar Muda dengan menuliskan Surat Semangat untuk guru-guru dan siswa di sana. Kita pun akan membuatkan Kartupedia untuk media belajar dan bermain di desa-desa. Lewat Kotak Cakrawala, kita akan memilihkan buku terbaik, mengemas dan mengirimkannya untuk memperkaya literatur pustaka desa yang didatangi saudara-saudara kita.

Festival Gerakan Indonesia Mengajar adalah salah satu ruang untuk bekerja bersama secara nyata. Kita akan bersama mewujudkan jejaring persaudaraan dengan daerah-daerah penempatan Pengajar Muda. Dalam festival yang dikelola seluruhnya oleh relawan ini melibatkan ratusan relawan fasilitator dan relawan panitia.

Akan ada 10 wahana tempat para peserta dapat belajar dan sekaligus bekerja bersama. Seluruh wahana ini akan menghasilkan produk nyata yang akan digunakan di 126 sekolah penempatan Pengajar Muda dan di ruang-ruang organisasi relawan lain Indonesia Mengajar. Wahana kerja yang dapat ditemui dalam Festival Gerakan Indonesia Mengajar adalah:
1. Kotak Cakrawala
2. Kartupedia
3. Kepingpedia
4. Surat Semangat
5. Kemas-Kemas Sain
6. Teater Dongeng
7. Nyanyikan Lagu Anak
8. Sains Berdendang
9. Video Profesi
10. Aula Sekolah

Salah satu wahana yang menarik adalah Kelas Teater Dongeng. Di wahana tersebut, relawan kerjabakti untuk mengenalkan kembali cerita rakyat yang sudah mulai menghilang. Cerita rakyat tersebut antara lain seperti Timun Mas, ciung Wanara dan sebagainya. Relawan bebas berekspresi dan berimajinasi. Relawan diberikan waktu 10 menit bagi yang mendongeng individu/berpasangan, atau 20 menit bagi yang ingin mendongeng secara berkelompok. Metode mendongeng atau bermain drama ini memang sangat disukai anak-anak. Melalui dongeng, kita mengajak anak menjadi lebih kreatif dan imajinatif, anak pun belajar mengenal budaya dan nilai-nilai moral.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=E56JT0hdDSQ?feature=player_embedded]

Syarat untuk mengikuti Festival GIM tersebut, yaitu memberikan iuran kegiatan sebesar Rp. 45.000,00/orang. Iuran kegiatan tersebut sudah termasuk tiket masuk Ancol perorangan, biaya pengadaan wahana kerja bakti, dan donasi program Indonesia Mengajar. Laporan keuangan Gerakan Indonesia Mengajar telah diaudit oleh PwC Indonesia dan mendapat opini tertinggi WTP.

Bagi Anda yang berminat hadir Festival Gerakan Indonesia Mengajar (Festival GIM), dapat melakukan pendaftaran secara online dengan mengklik tombol di bawah ini.

DAFTAR  SEKARANG

Pendaftaran online dibuka sampai tanggal 2 Oktober 2013.

Ayo hadir Kerja Bakti di Festival Gerakan Indonesia Mengajar (Festival GIM), 5-6 Oktober 2013 di Ecovention Hall, Ancol.

[box_warning]“Berhenti mengeluh tidaklah cukup. Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup. Lakukan aksi nyata. Sekarang. Segera berbuat, serentak bergerak.”[/box_warning]

Untuk informasi lebih lengkap tentang Festival Gerakan Indonesia Mengajar, kunjungi http://festival.indonesiamengajar.org

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=yaGqbiA84B8&feature=player_embedded]

Check Also

IDS Distorted Reality

INTERNATIONAL DESIGN SCHOOL GELAR EXHIBITION KARYA MAHASISWA IDS ANGKATAN 2017 BERTEMAKAN “DISTORTED REALITY”

Jakarta, 8 Juni 2018 – IDS | International Design School resmi menggelar acara Exhibiton bertema ...