Breaking News
Home » News & Articles » Kenapa 2 Oktober Disebut Hari Batik?

Kenapa 2 Oktober Disebut Hari Batik?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa latar belakang setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan menjadi hari batik?

Ternyata belum lama tanggal sehari setelah Hari Kesaktian Pancasila itu diputuskan menjadi Hari Batik. Tepatnya 2 Oktober 2009, Badan PBB untuk kebudayaan UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

“Tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO mengakui batik sebagai warisan dunia, ini hal yang harus disyukuri,” Ujar Prayogo, kurator dari Museum Batik Yogyakarta saat dihubungi ROL, Selasa (2/10)

Bahkan menurut wikipedia, tanggal ini tidak hanya diperingati sebagai Hari Batik nasional, namun juga UNESCO menetapkan sebagai hari batik sedunia.

UNESCO menulis dalam situs resminya, batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah itu sendiri. Batik dinilai sebagai identitas bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting seseorang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal.

 

 

 

 

Source:

http://www.bisnis-kti.com/index.php/2012/10/hari-batik-nasional-lipud-minta-pemda-gorontalo-harus-serius/

http://www.republika.co.id/berita/senggang/seni-budaya/12/10/02/mb8yxk-kenapa-2-oktober-disebut-hari-batik

 

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...