Breaking News
Home » Event » Japan Heroes United At Kuningan CIty

Japan Heroes United At Kuningan CIty

Japan Heroes United At Kuningan CIty jakarta

Tokusatsu merupakan kependekan dari istilah tokushu satsuei (特殊撮影), sebuah istilah bahasa Jepang yang bisa diterjemahkan sebagai “special photography” yang mengacu pada penggunaan efek khusus (special effects). Biasanya, dalam sebuah film atau pertunjukan, orang yang bertanggung jawab untuk urusan efek khusus seringkali dipanggil dengan julukan tokushu gijutsu (特殊技術), yang berarti “special techniques” (istilah yang dulu digunakan untuk menyebut “special effects”), atau tokusatsu kantoku (特撮監督).

Dulu di Jepang, tokusatsu sangat populer terutama di kalangan anak-anak. Tapi seiring berjalannya waktu, tokusatsu sempat mulai ditinggalkan. Banyak kalangan menilai, tokusatsu merupakan film yang ditujukan kepada anak-anak, meski realitanya, sebagian tokusatsu memiliki jalan cerita yang cukup kompleks yang sulit dipahami anak-anak. Selain itu, pamor tokusatsu kalah dibanding anime dan manga yang sekarang sudah sangat populer di seluruh dunia. Akan tetapi, hal itu tidak membuat para perusahaan pembuat tokusatsu menyerah. Mereka mengubah jalan cerita dari tokusatsu itu menjadi lebih lucu dan menarik untuk menggairahkan kembali tokusatsu yang sempat meredup.

Tokusatsu adalah salah satu bentuk hiburan Jepang yang sangat populer, dan memiliki banyak genre, misal Kaiju monster (seperti Godzilla atau Gamera), Kamen Rider (Ichigo, Nigo, hingga yang terbaru seperti Kamen Rider Gaimu), Metal Hero (Gaban Spielban), Super Sentai, Ultraman dan banyak lagi. Banyak juga yang menyebutnya sebagai Japanese Heroes, dengan tambahan genre berupa Super Robot, Saint Seiya, Transformers (Japan version) dan lain-lain.

Komunitas Japan Heroes (Tokusatsu, Super-Robot, Super-Sentai, dan lain-lain) dan penggemar toys dan collectibles items dari genre tersebut di Indonesia ternyata tidak sedikit. Hal ini terbukti dari menjamurnya anggota dari komunitas tersebut, dan juga toys/hobby shops di kota-kota besar seperti: Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya yang menjual items yang bergenre Tokusatsu. Komunitas ini pun memiliki anggota dengan “aliran-aliran” koleksi yang berbeda walaupun dalam satu genre, antara lain kolektor action figures, props, model kits, vintage toys, hi-tech toys, vinyl dan designer toys, dan yang sedang mulai trend saat ini dan sedang menjamur yaitu Costume Player (Cosplay) dari Tokusatsu. Kesetiaan mereka terhadap hobi mengumpulkan item favorit mereka pun tidak tanggung-tanggung, bahkan tidak sedikit yang sampai rela untuk hunting ke negara-negara tertentu guna mendapatkan collectible items dari distributor resminya.

Dalam rangka mewadahi para kolektor toys dan collectibles Tokusatsu untuk memamerkan koleksi langkanya kepada publik, maka KUNINGAN CITY, sebagai salah satu life-style trendsetter Mal di Jakarta, SACCA Production bekerjasama dengan Whitebase dan juga didukung oleh Komunitas yaitu AAC Indonesia, Komutoku, Saint Cloth Myth, SHF Indonesia, Komunitas SIC Indonesia, GGI (Gundam Generation Indonesia), Indogokin, TFI (Transformers Indonesia), dan Opera Pan Japan (OPJ) akan menyelenggarakan event yang berkonsep exhibition yang lebih mengedepankan display koleksi dari para kolektor / komunitas action figures dan cosplay Tokusatsu secara exclusive untuk dapat dinikmati oleh para kolektor lain dan publik secara umum, dan juga dengan partisipasi dari konten lokal, dengan nama:

Koleksi dari kolektor / komunitas yang ditampilkan pada event ini yaitu koleksi action figures / statue / toys / collectibles items / Props dari :
1. AAC Indonesia
2. Komutoku
3. Gundam Generation Indonesia
4. Indogokin
5. SHF Indonesia
6. Komunitas SIC Indonesia
7. Transformers Indonesia
8. Saint Cloth Myth
9. Art of Tokusatsu Photography by Seno Haryo
10. dan lain-lain

Event ini juga akan mengikutsertakan Toys retailers, suppliers, distributors, dan independent stores dari beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya yang hadir sebagai peserta Toys Bazaar sebagai pelengkap event ini.

Selain terdapat collectors display exhibition dan 23 stand peserta Toys Bazaar, event ini juga akan menghadirkan acara-acara On-Stage Programs, Display Diorama serta Cosplay performance dan appearance untuk lebih menghidupkan suasana fantasy Tokusatsu, dengan jadwal event On-Stage sebagai berikut:

JAPAN HEROES UNITED 2014
Event Rundown On-Stage :
Friday, 6 June 2014 (day I)

10.00 Japan Heroes Movie Trailer Marathon
11.00 Super Robot Movie Trailer Marathon
13.00 Opening MC – Event Reviews & Announcement
14.00 ULTRAMAN by Richfield
15.00 GUNDAM Performance by Naru & Team
16.00 AAC Tokusatsu Performance by AAC
17.00 DRAGON BALL Z by Machipot
18.00 KOMUTOKU Live Show by Komutoku
19.00 OPJ Tokusatsu Appearance by Opera Pan Japan
21.00 Closing Day 1

Saturday, 7 June 2014 (day II)
10.00 Japan Heroes Movie Trailer Marathon – Super Robot Movie Trailer Marathon
12.00 Opening MC – Event Reviews & Announcement
13.00 ULTRAMAN
by Richfield
14.00 LENNAIGER – The Introduction
by Komutoku
15.00 AAC Tokusatsu Performance
by AAC
16.00 TOKUSATSU SWARM
by Komutoku
17.00 KAMEN RIDER HIBIKI Performance
by Machipot
17.45 JAPAN HEROES COSPLAY
COLOSSAL PHOTO SESSION
18.00 GARUDA DIGI BORG Performance
by The Zahat
19.00 GUNDAM Performance
by Naru & Team
20.00 DJ TROOPER Performance
21.00 Closing Day 2

Event Rundown On-Stage :
Sunday, 8 June 2014 (day III)

10.00 Japan Heroes Movie Trailer Marathon
11.00 Super Robot Movie Trailer Marathon
12.00 Opening MC
Event Reviews & Announcement
13.00 KOMUTOKU Live Performance
by Komutoku Bdg
14.00 JIBAN Appearance
by Fahmi
15.00 AAC Tokusatsu Performance
by AAC
16.00 LENNAIGER – The Introduction
by Komutoku
17.00 DAIKON SKY
by The Bronz
17.40 JAPAN HEROES COSPLAY
COLOSSAL PHOTO SESSION
18.00 IMAJIN TEAM vs SHOCKER TEAM
by Opera Pan Japan
19.00 GARO Performance
by Kadaluarsa Team
20.00 DJ TROOPER Performance
21.30 Closing by MC

Selain untuk memuaskan hobi para kolektor, harapan dari KUNINGAN CITY, SACCA Production, Whitebase dan komunitas peserta event ini pun patut diberikan apresiasi, yaitu ingin memberikan angin segar terhadap ekonomi Indonesia dengan mengadakan Toys dan Collectibles Exhibition bergenre Tokusatsu yang bertaraf internasional untuk menarik distributor luar negeri masuk ke Indonesia. “Selain itu, kami juga ingin menggelitik semangat kreator-kreator lokal agar berani tampil menuangkan karya mereka sehingga terbangun sebuah industri toys dan collectibles di Indonesia, serta cosplay (costume player) yang tidak kalah kualitasnya dengan industri luar negeri”, demikian tutur Riza Satyagraha selaku Head Event dari event ini. HENSHIN !!!

Japan Heroes United At Kuningan CIty jakarta layout

Japan Heroes United at Kuningan City

Tanggal : 6 – 8 Juni 2014

Tempat : Kuningan City 3rd Floor, Jakarta

Info dan kontak :

Twitter : @Kuningan_City @JaktoysFair

Check Also

IDS Distorted Reality

INTERNATIONAL DESIGN SCHOOL GELAR EXHIBITION KARYA MAHASISWA IDS ANGKATAN 2017 BERTEMAKAN “DISTORTED REALITY”

Jakarta, 8 Juni 2018 – IDS | International Design School resmi menggelar acara Exhibiton bertema ...