Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Intip Keindahan Street Art di Kota Melbourne

Intip Keindahan Street Art di Kota Melbourne

Street Art Melbourne
Street Art Melbourne

Ada hal yang membuat kota Melbourne menjadi lebih “hidup”, salah satunya adalah kehadiran seni yang terasa sampai ke pelosok jalan. Grafiti, mural, stensil, semuanya membaur dengan apik di sepanjang dan sudut-sudut kota, seolah-olah tembok-tembok kosong itu memang disiapkan untuk “dikaryakan”.

Melbourne menjadi salah satu pusat seni jalanan dunia, dengan puluhan artist terkenal meninggalkan jejak mereka di kota ini. Menyebut diri mereka sebagai “Australian cultural capital”, jalanan dan gang-gang sempit kota ini dipenuhi karya-karya yang hidup.

Hosier Lane dan Caledonian Lane adalah salah dua tempat yang ikonik, dan beberapa tahun kebelakang dewan lokal menugaskan seniman untuk melukis dinding di Union Lane. Karya seni yang berada di gang ini mulai dilirik oleh lembaga pariwisata setempat untuk dijadikan objek wisata bagi para turis.

Meskipun hubungan antara pelaku seni dan pemerintah Melbourne sempat menegang (pekerja kota sempat menghapus karya Banksy), tetapi pemerintah mendukung warganya yang kreatif untuk bebas berkreasi dengan menyediakan beberapa public spaces agar karya mereka bisa tampil dan dilihat banyak orang.

Street Art Melbourne
Street Art Melbourne

Terlihat kota Melbourne ini sangat artsy, di berbagai pojok jalan kita bisa menemukan form of art dalam berbagai rupa. Coba ambil waktu seharian untuk menelusuri jalan-jalan kecil seperti Caledonian Lane di area Little Bourke Street; Union Lane di area Bourke Street Mall; Centre Place di area Flindres Lane; Hosier dan Rutledge Lanes dekat Federation Square.

Berbagai macam grafitti, poster, sticker , mural dan stencil art yang memenuhi dinding bangunan membuat kita merasa sedang mengunjungi art gallery gratis! Bahkan, gang kecil yang biasanya menyeramkan atau tempat sampah yang biasanya bikin sakit mata, tak luput dari tangan-tangan kreatif para street artist dan berubah jadi karya seni yang unik.

Tak heran kalau Melbourne terkenal sebagai salah satu street art capital di seluruh dunia. Kalau biasanya grafitti dianggap sebagai suatu bentuk vandalisme, di Melbourne justru bentuk seni ini digalakan untuk mendorong cultural practices dan membuat publik menghargai suatu bentuk karya seni yang berbeda.

Beberapa street artist ternama dunia seperti Banksy hingga Shepard Fairey pernah meninggalkan ‘jejak’ karya mereka di Melbourne. Salah satu street artist Indonesia, Darbotz, tidak luput dari semangat kolaborasi dan kreativitas yang ditawarkan oleh Melbourne.

Pada tahun 2013 lalu, ia berkerja sama dengan Fame Agenda, sebuah desainer lokal Melbourne untuk menciptakan sebuah kombinasi lintas-kultural unik yang menghubungkan Australia dan Indonesia melalui kombinasi antara street art dan fashion yang tidak terduga. Grafitti yang digambar oleh Darbotz juga kini masih dapat kamu lihat di Melbourne, bersanding dengan karya-karya seniman lokal Melbourne lainnya.

Check Also

poster workshop miles

Miles Film dan International Design School (IDS) Menggelar Seminar “Membuat Soundtrack Film Anak” sebagai Salah Satu Langkah Menyebarkan Lagu Anak Indonesia

 Jakarta, 30 April 2018 –International Design School (IDS) akan menggelar kegiatan seminar bertema “Membuat Soundtrack ...