Breaking News
Home » News & Articles » Ini dia Pengganti Jembatan Gembok Cinta di Paris

Ini dia Pengganti Jembatan Gembok Cinta di Paris

Jalanan Romantis Jembatan Paris
Jalanan Romantis Jembatan Paris

Bagi kalian yang sampai saat ini belum pernah menginjakkan kaki di Paris, ada kabar yang kurang mengenakan, nih. Beberapa waktu lalu jembatan Pont des Arts di Kota Paris sudah tidak lagi dipenuhi oleh gembok-gembok cinta.

Untuk menggantikan ratusan ribu ‘gembok cinta’ yang membebani jembatan Pont des Arts di Kota Paris, para seniman dunia pun memutuskan untuk membuat karya panel seni jalanan yang tak kalah romantis.

Nah, pameran yang diselenggarakan hanya sementara waktu ini memiliki tema cinta dan digelar oleh para seniman yang dipimpin oleh Mehdi Ben Cheikh. Pameran tersebut dimaksudkan untuk membawa kembali suasana romantisme para wisatawan di jembatan yang begitu ikonik di Paris.

Jalanan Romantis Jembatan Paris

 

Salah satu karya terbaik yang dipamerkan dibuat oleh Franco asal Tunisia. Ia mencampurkan kaligrafi Arab dengan seni grafiti yang disebut ‘calligraffiti’.

Karyanya itu dijabarkan dalam huruf Arab berwarna merah muda yang bertuliskan kutipan dari Le Pere Goriot, novelis ternama di abad ke-19 yang bertuliskan, “Paris sebenarnya adalah lautan: Anda dapat mengetahui keberadaannya, tapi Anda tidak akan pernah tahu kedalamannya.”

“Saya pikir ini merupakan karya yang berani, memasang kalimat bahasa Arab di Paris,” tutur Cheikh.

“Ini bukan hanya bahasa teroris, tapi bahasa ini terbuka untuk seluruh orang di seluruh dunia, dengan dimensi yang sangat spiritual,” lanjutnya.

Seniman eL Seed, lahir di sebuah kota di pinggiran kota Paris dan lahir dari orangtua yang berkebangsaan Tunisia. Seniman satu ini dikenal karena pernah mendesain sebuah menara adzan dengan ketinggian 47 meter di masjid Jara yang terletak di kota Gabes, sebelah selatan Tunisia. Di samping papan karyanya juga ada karya-karya bertemakan cinta milik seniman jalanan Brusk, Pantonio, dan Jace.

Nantinya, panel graffiti tersebut akan digantikan dengan plexiglass pada akhir tahun ini.

Hmm, bisa jadi karena akan memasuki bulan Ramadhan kali, ya?

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...