Upcoming Event
Home » Event » 21st Indonesia International Motor Show 2013

21st Indonesia International Motor Show 2013

Indonesia International Motor Show 2013 pic

Publik otomotif nasional bersiap menyambut gelaran otomotif terbesar di tanah air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang akan berlangsung pada tanggal 19 – 29 September 2013. Sebagai yang terbesar di tanah air bahkan di Asia Tenggara, IIMS mewakili keberadaan Indonesia sebagai salah satu negara potensial bagi industri otomotif dunia. Dengan terus meningkatnya pasar otomotif Indonesia dan didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil, GAIKINDO berharap IIMS akan dapat merangkum kemajuan industri otomotif Indonesia. Melalui IIMS, industri otomotif Indonesia akan menampilkan seluruh kebolehannya. “Adalah keinginan kami untuk memamerkan potensi yang dimiliki oleh industri otomotif Indonesia ke mata dunia, dan IIMS akan memberikan gambaran pasti kepada dunia internasional akan semakin majunya industri otomotif tanah air,” ungkap Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo pada press conference ke-dua IIMS di Jakarta hari ini (21/08).

Semakin diperhitungkannya IIMS di kancah industri otomotif dunia mendorong para pemain industri untuk terus ambil bagian dalam perhelatan tahunan ini, dan tingginya minat peserta memacu panitia untuk membuat berbagai terobosan untuk memaksimalkan IIMS 2013. Memasuki penyelenggaraan yang ke 21 kalinya, IIMS mempergunakan lahan seluas 75.000 m² untuk menampilkan 36 APM dan 276 industri pendukung yang ikut mendukung pameran. Memaksimalkan 5 area Hall JIExpo untuk APM, Dyandra Promosindo selaku pelaksana pameran juga menambahkan 5 semi-permanent hall  di lokasi outdoor yang diperuntukkan khusus untuk industri pendukung otomotif Indonesia. “Kami harap lewat dukungan IIMS 2013 terhadap industri pendukung akan membuka jalan lebih luas bagi pengembangan sub sektor-industri lokal,” imbuh Sudirman

 

Smart Vehicle Mobility

Kemajuan industri otomotif Indonesia harus dibarengi oleh kesadaran akan pentingnya mendukung kebijakan hijau, dan dari tahun ke tahun IIMS selalu konsisten berada di jajaran terdepan bersama pesertanya untuk terus mensosialisasikan teknologi hijau. Dan pada pameran kali ini, IIMS 2013 akan mengusung tema “Smart Vehicle Mobility”, yang diharapkan dengan tema tersebut IIMS ingin menekankan pentingnya efisiensi bahan bakar dengan memperkenalkan sistem transportasi dengan standar efisiensi yang mengurangi pemborosan bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang berlebih.Sejalan dengan Tema diatas, salah satu acara rutin pendukung IIMS yaitu Indonesia International Automotive Conference. Tahun ini “The 8th IIAC” diselenggarakan untuk mendukung  The 1st APEC-AD Workshop” yang akan membahas mengenai perkembangan kendaraan bersih emisi (Green Car) di kawasan Asia-Pacific,dengan tema bahasan “Green Car Development Facililation” yang merupakan perhatian seluruh pemangku kepentingan di kawasan Asia-Pacific. Pembicara-pembicara  yang bertaraf internasional di Konferensi / Workshop ini adalah wakil dari beberapa negara, diantaranya USA, Japan, Korea, China, India, Thailand , Malaysia dan Indonesia sendiri.

Tema yang diusung IIMS 2013 juga mendapat dukungan penuh dari para agen pemegang merek (APM) peserta pameran yang bisa dilihat dari berbagai teknologi yang mereka usung serta tema booth tiap APM yang merupakan turunan dari tema besar IIMS tahun ini. PT Garansindo Inter Global misalnya, yang pada IIMS 2013 menurunkan tiga brand dibawah naungannya yakni Chrysler, Dodge dan Jeep akan menampilkantema Earth, Wind and Fire pada booth-nya, dimana para pengunjung akan merasakan perjalanan dari sebuah perusahaan mobil yang mengedepankan elemen-elemen natural. Earth, ditandai dengan kehadiran merk Jeep, sebagai kendaraan penjelajah. Wind, gambaran sebuah kedinamisan serta keindahan, yang diwakili oleh produk Dodge dan Chrysler. Sedangkan Fire, element api, menandakan semangat yang tidak padam dari satu merek baru yang akan lahir.

Selain itu, BMW Group Indonesia akan memanfaatkan ajang IIMS 2013 ini untuk memperkenalkan Seri terbarunya untuk pertama kali di Indonesia. Fokus Seri BMW terbaru ini tidak hanya pada keindahan desain, namun juga pada teknologi terdepan yang mendukung kedinamisan dalam berkendara, menghadirkan ekslusifitas, dan kemampuan teknis yang berbeda dengan Seri BMW yang sudah ada sebelumnya.Sedangkan MINI yang juga tergabung dalam BMW Group Indonesia, akan menghadirkan ragam model edisi spesial dengan desain interior dan eksterior yang menarik dan eksklusif

Konsisten dengan tagline “Daihatsu Sahabatku” kali ini Daihatsu hadir dengan tema “Compact ECO Mobility Best Friend” yang berarti Daihatsu adalah “Sahabat Sejati Gaya Hidup Hijau, Hemat dan Kompak”, Daihatsu konsisten menampilkan mobil konsep sebagai ajang edukasi sekaligus memperkenalkan inisiatif-inisiatif Daihatsu dalam mendukung gaya hidup Compact & ECO. Tidak tanggung-tanggung, Pada IIMS 2013 Daihatsu akan menampilkan total 16 unit yang diantaranya merupakan kemunculan perdananya di dunia otomotif, termasuk 5 unit Concept Car, yang diantaranya adalah AYLA World.

Masih bernafaskan tema teknologi hijau, Toyota akan mengusung Smart Mobility for Better Tomorrow sebagai tema booth mereka. Toyota akan memboyong total 25 produk selama IIMS 2013, dan 2 diantaranya merupakan special exhibit yang akan memberikan kejutan bagi para pengunjung.

“Dukungan para APM pada IIMS kali ini menunjukkan komitmen mereka untuk terus memajukan industri otomotif tanah air. Kehadiran APM di IIMS dengan mengusung tema selaras dengan tema IIMS 2013 akan menambah kemeriahannya, kami berharap dukungan mereka untuk IIMS akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang,” tutur Johnny Darmawan yang bertindak sebagai Ketua Penyelenggara IIMS 2013.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada gelaran tahun ini IIMS akan dimeriahkan oleh beberapa brandbaru yang tentunya mengusung teknologi otomotif terbaru andalan mereka. Nama-nama baru yang akan menyapa pengunjung setia IIMS adalah merek global asal Jepang Datsun serta pabrikan asal Perancis, Renault yang merupakan pendatang baru di kancah otomotif tanah air, IIMS 2013 akan menjadi pameran otomotif pertama yang mereka ikuti. Brand lain yang juga baru pertama kali berpartisipasi di IIMS adalah Land Rover, brand yang kali ini hadir bersama dengan brand premium lainnya, Jaguar yang setelah absen beberapa waktu, tahun ini juga akan turut memeriahkan gelaran otomotif terbesar tanah air tahun ini.Terkait hal ini, Johnny Darmawan menyatakan bahwa hadirnya brand-brand baru pada IIMS tahun ini dengan teknologi terbaik yang mereka miliki tentu akan menambah khasanah produk baru otomotif tanah air. “Kehadiran mereka memperkaya industri otomotif nasional melalui berbagai teknologi yang mereka miliki. Hal ini tentunya menjadi nilai positif baik bagi pameran ini maupun industri otomotif kita,” ujar Johnny.

Selain empat brand di atas, pameran IIMS 2013 juga akan diikuti oleh berbagai brand passenger cars seperti Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Daihatsu, Ford, Honda, Hyundai, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sementara dari commercial vehicles brand-brand yang akan hadir adalah Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, dan UD Trucks.

 

Program Baru Pencuri Perhatian

IIMS selalu ingin memberikan inspirasi generasi penerus lewat berbagai kegiatannya, dan tidak terkecuali pada tahun ini, IIMS juga akan diisi dengan kegiatan Corporate Social Responsibility yang difokuskan pada kegiatan pendukung pendidikan, salah satu cara IIMS untuk memotivasi para pelajar adalah lewat kegiatan Kunjungan Pabrik IIMS 2013. Kegiatan ini akan berlangsung mulai 26 Agustus hingga 3 September 2013,  mengunjungi pabrik Mercedes Benz (26 Agustus), Isuzu (27 Agustus), Mitsubishi (29 Agustus), dan Hino (3 September). Melalui kegiatan berdurasi kurang lebih 4 jam  ini para siswa akan mendapatkan gambaran serta penjelasan langsung mengenai proses kerja dari tiap-tiap APM, dan beberapa APM juga akan menyumbangkan mesin/alat peraga sebagai bahan acuan bagi paara siswa tersebut.

 

Khusus untuk para pelajar berprestasi yang berada di luar area Jakarta, IIMS 2013 akan memberikan kesempatan kepada pelajar sekolah kejuruan berprestasi untuk bisa mengunjungi pameran IIMS 2013. Sekolah yang beruntung tahun ini adalah SMK 1 Sukabumi dan SMK 5 Makassar. Melalui kegiatan ini para pelajar diajak untuk menikmati pameran otomotif yang menghadirkan berbagai teknologi terkini yang diusung oleh para APM, serta mengikuti berbagai program berbagi informasi berkaitan dengan dunia otomotif, yang akan dilakukan oleh para peserta IIMS 2013. “Seluruh kegiatan yang kami lakukan ini, adalah wujud kepedulian kami dalam memajukan industri otomotif Indonesia. Melalui kegiatan khusus untuk pelajar, kami berharap bisa membantu perkembangan industri otomotif nasional lewat talenta-talenta muda lokal dari seluruh penjuru tanah air,” tutur Johnny.

 

Selain menampilkan berbagai teknologi terbaru para APM dan melakukan kegiatan CSR, IIMS 2013 juga memiliki berbagai program pendukung menarik yang beberapa di antaranya baru pertama kali diadakan tahun ini. Program-program ini dipastikan akan menjadi daya tarik tersendiri pameran IIMS tahun ini. Program unggulan  yang telah disiapkan panitia adalah program Test Drive yang hadir dengan berbagai rintangan baru misalnya rintangan yang dibuat zigzag, undakan yang lebih tinggi, dan lain-lain. Yang menarik dari penyelenggaraan Test Drive tahun ini adalah hadirnya Renault dan Tata Motors. Sebagai pendatang baru, kehadiran mereka diperkirakan akan menarik banyak pengunjung untuk melakukan test drive.

 

Program unggulan terbaru yang diyakini akan mencuri perhatian para pengunjung IIMS 2013 adalah kejuaraan olahraga otomotif yang baru pertama kalinya digelar di IIMS, yaitu “Gymkhana Race War”. IIMS bahkan menjadi satu-satunya event berskala internasional yang memiliki event olahraga otomotif semacam ini. Gymkhana mengkombinasikan tehnik mengemudi drift dan slalom dalam melintasi track dengan menekankan unsur kecepatan dan ketepatan waktu di dalam track. Motorsport ini memiliki rintangan 180 derajat, 360 derajat, angka 8, dan rintangan lain yang harus dilewati oleh para peserta. Kegiatan ini menghadirkan beberapa kategori kelas kejuaraan, yaitu. 1.200 cc, 1.400 cc dan FFA (Free For All), di mana pembagian kelasnya ditentukan berdasarkan kapasitas mesin dan sistem gerak-roda. Penyelenggara telah menyiapkan hadiah puluhan juta rupiah bagi peserta terbaik “Gymkhana Race War” tahun ini. Kegiatan ini juga menjadi ajang perang keunggulan teknologi mobil para APM yang ikut ambil bagian dalam program ini. Menggandeng beberapa komunitas seperti Komunitas SlalomDrifting, dan Rally, acara ini dilakukan pada tanggal 27 dan 28 September 2013 dimana hari pertama akan diisi dengan Heat 1 & 2 dan hari kedua diisi dengan Heat 3, 4 & final battle. Melalui kegiatan ini para peserta akan bisa menyaksikan secara langsung kemampuan para pembalap Gymkhana lokal seperti Putu Indra dan lain-lain.

 

Dukungan Pertamina Seperti tahun sebelumnya, penyelenggaran Indonesia International Motor Show tahun ini kembali mendapat dukungan penuh dari Pertamina. Dukungan ini menunjukkan perhatian Pertamina terhadap perkembangan dunia otomotif tanah air melalui komitmen untuk terus berinovasi dalam menghasilkan dan mengelola energi dengan pertimbangan pelestarian lingkungan. Tahun ini Pertamina juga akan memberikan promo khusus untuk pencinta IIMS yang juga merupakan pengguna pertamax, karena untuk setiap pembelian pertamax series dengan ketentuan khusus, pembeli akan mendapatkan satu tiket masuk IIMS 2013, penawaran yang akan berlangsung pada 1 – 29 September 2013 ini tentu sayang untuk dilewatkan

Tan

19th – 29th September 2013

OPEN FOR PUBLIC

19th September : 17.00 – 20.00 WIB

Monday – Thursday : 11.00 – 21.00 WIB

Friday – Sunday : 10.00 – 21.00 WIB

ENTRANCE FEE

19th September : Rp. 100.000

Monday – Thursday : Rp. 40.000

Friday – Sunday : Rp. 60.000

VENUE

Jakarta International Expo

Gedung Pusat Niaga Arena PRJ

Info Lebih lanjut : www.indonesianmotorshow.com