Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Indonesia Galore Perkenalkan Indonesia ke Publik Jepang

Indonesia Galore Perkenalkan Indonesia ke Publik Jepang

Indonesia Galore
Indonesia Galore

Untuk pertama kali perhelatan Indonesia Galore di ASEAN Japan Center, Tokyo, 14-16 Maret 2015, diselenggarakan oleh KBRI Tokyo bekerjasama dengan ASEAN-Japan Centre (AJC) di Tokyo guna mempromosikan Indonesia secara lebih utuh kepada publik Jepang, khususnya Tokyo.

Dalam perhelatan ini di samping diisi oleh pameran lukisan dan fotografi juga diperkenalkan aneka kuliner Indonesia dengan penonjolan masakan padang seperti Rendang dan juga dilengkapi dengan jajanan pasar dan minuman kopi Indonesia. Serangkaian seminar juga akan melengkapi perhelatan yang akan menyajikan kebudayaan dan pariwisata dari Indonesia Barat dan Timur, serta artist talk dari pelukis Ketut Suarjana dan Yuli Purwanto.

Konsep yang digagas bersama KBRI-AJC Tokyo ini adalah untuk lebih mempromosikan Indonesia secara menyeluruh sehingga Indonesia tidak hanya dikenal Bali, namun juga sejumlah lokasi lain yang memiliki daya tarik khas seperti Sulawesi Utara dan Sumatera Barat lengkap dengan makanan dan budayanya.

Selain dalam rangka lebih mendekatkan Indonesia kepada publik Jepang melalui pengenalan kekayaan aneka budaya dan makanan nusantara, acara ini juga menjadi salah satu jalan untuk memperkenalkan destinasi-destinasi wisata baru kepada pasar Jepang sebagaimana misi ASEAN-Japan Centre untuk mendiversifikasi destinasi dan produk wisata dalam melakukan promosi outbound.

Perhelatan Indonesia Galore ini mejadi istimewa karena sepenuhnya memberdayakan diaspora Indonesia yang berada di Jepang, baik para artis eksibitor, pembicara seminar, juru masak, dan penari-penari yang terlibat.

Sementara itu, pembicara seminar “East Indonesian Culture and Tourism”, Priscilla Takabe yang berasal dari Minahasa, mengaku optimis dengan prospek pasar Jepang terhadap destinasi baru Indonesia di luar Bali.

“Minat Jepang terhadap produk wisata di Sulut cukup tinggi, terutama untuk diving dan long stay, dan akan lebih menunjang lagi apabila dapat diwujudkan penerbangan langsung antara Jepang dan Manado”, jelasnya.

Resepsi pembukaan Indonesia Galore akan dimanfaatkan dengan kegiatan New Year Networking dengan mengundang relasi media setempat yang ada di AJC, KBRI, VITO dan Garuda Indonesia sehingga acara ini diharapkan  dapat menarik sebanyak mungkin pengunjung.

Dananjaya juga menyampaikan bahwa kolaborasi penyelenggaraan Indonesia Galore ini merupakan wujud nyata dukungan ASEAN-Japan Centre kepada negara-negara ASEAN dalam upaya mendorong outbound di Jepang.

“Indonesia Galore ini kelak diharapkan dapat menjadi agenda tetap yang dapat diselenggarakan setiap tahun di ASEAN-Japan Centre atau Rumah budaya Indonesia. Event ini juga dapat menjadi forum silaturahmi para diaspora Indonesia di Jepang, dan sekaligus bebagai jembatan budaya Indonesia-Jepang,” tambahnya.

Check Also

poster workshop miles

Miles Film dan International Design School (IDS) Menggelar Seminar “Membuat Soundtrack Film Anak” sebagai Salah Satu Langkah Menyebarkan Lagu Anak Indonesia

 Jakarta, 30 April 2018 –International Design School (IDS) akan menggelar kegiatan seminar bertema “Membuat Soundtrack ...