Breaking News
Home » News & Articles » House Music Was Born From Green Attitude

House Music Was Born From Green Attitude

Buat kamu yang suka David Guetta pasti tahu house music juga dong, apakah kamu tahu kalau house itu lahir dari green attitude ? Mau tahu gimana sejarahnya house bisa dikatakan green ? check this out.

House Music born from Green Attitude
David Guetta, Screen shot from Nothing But The Beat video

Kamu semua pasti tahu yang namanya David Guetta dong, French House DJ yang sekarang lagi Hits banget itu. Berbagai karya yang dia hasilkan pasti langsung meledak tapi apakah kamu tahu hubungannya David Guetta dengan green  ? David Guetta seperti yang kita tahu genre musik favorite dia adalah House, nah, apakah kamu tahu kalau musik house itu lahir dari green attitude?

Frankie Knuckles, God Father of House Music.
Frankie Knuckles, God Father of House Music.

House lahir diakhir musik Disco berjaya lebih tepatnya pada era 80’s. House lahir berasal dari sebuah club bernama The Warehouse di Chicago America Serikat, nama House sendiri pun dirumorkan berasal dari nama “The Warehouse”. Lahirnya house dipelopori oleh DJ Frankie Knuckles. Pada era tersebut music Disco sering diindentikan dengan hal-hal berbau SARA hingga pada puncaknya ada sebuah kampanye yang bernama “Disco Sucks”, kampanye tersebut memuncak pada sebuah pertandingan baseball di Chicago dimana setiap pengunjung membawa disco record masing-masing dan membakarnya di api unggun yang besar disana, peristiwa ini mengakhiri era Disco.

Kemudian sejak peristiwa pembakaran disco record tersebut, sekelompok orang mulai mencoba disco record lama terutama B size dan membuat record untuk mereka sendiri karena pada saat itu produksi disco record sudah berhenti, jadi hanya itulah cara mereka agar tetap dapat memainkan musik disco. Untuk para DJ yang menginginkan agar musik ini tetap dapat dimainkan mereka akan memprogram drum machine dan menambahkan disco record yang dimainkan secara loop, dan dengan cara itulah house lahir, yaitu dengan cara memunculkan kreatifitas agar mereka tetap dapat menikmati musik disco disaat media disco record yang sudah semakin melangka.

David Guetta
David Guetta

Seperti yang diucapkan oleh David Guetta dalam film dokumenternya Nothing But The Beat “… and this is how House music was actually born, by recycling disco into something new…” . Kreatifitas atas keterbatasan sumber daya-lah yang telah melahirkan sebuah musik yang sekarang menjadi sangat populer dikalangan generasi muda.

House bisa kita katakan green music, karena house lahir dari green attitude. Untuk hidup green kita tidak harus meneriakan untuk menanam pohon, hemat air, atau kampanye anti polusi saja. Kamu juga bisa menjadi green lewat passion kamu akan musik atau fashion.

House Music Born From Green Attitude

Lahirkanlah musik atau fashion dari kreatifitas green kamu, sebagai contoh lewat fashion kamu bisa mencoba mengembangkan Transformer Fashion yaitu sebuah fashion yang memungkinkan satu baju bisa digunakan menjadi beberapa model, hasilnya jika kamu berhasil mengembangkan fashion ini kamu akan punya banyak model baju dengan hanya mengeluarkan satu baju saja. Lewat musik kamu bisa mencoba memanfaatkan alat-alat elektronik bekas untuk menghasilkan suara-suara unik yang bisa kamu mix nantinya untuk menghasilkan dance music yang menarik.

Mungkin memang dampak green terhadap lingkungan musik house tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya namun hal yang essensi disini adalah bahwa kita bisa mengkolaborasikan green values dengan kehidupan kita sehari-hari, dengan menambahkan green values kepada kegiatan kita sehari-hari kita akan dengan sendirinya tanpa kita sadari menjadi green.

Pada intinya green adalah bagaimana kita memiliki gaya hidup yang efektif, efisien, dan meminimalisir dampak negatif yang dihasilkan baik itu secara sosial maupun environmental dan yang terpenting lagi kamu harus bisa melakukannya secara kreatif. Mungkin saat ini kolaborasi antara green values dengan musik house, mungkin nanti kamu berhasil mengkolaborasikan green values dengan musik rock, atau bahkan dengan entertainment lainnya. So, let’s redefine green guys ! don’t be afraid to make your own green !

Sumber : treeoflife.proecosystem.com

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...