Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Hari Raya Galungan dan Kuningan 2016

Hari Raya Galungan dan Kuningan 2016

Hari Raya Galungan dan Kuningan 2016
Hari Raya Galungan dan Kuningan 2016

Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan Hari Raya yang dirayakan oleh umat Hindu setiap tahunnya. Tahun ini Hari Raya Galungan jatuh pada tanggal 10 Februari, sedangkan Hari Kuningan jatuh pada 20 Februari 2016. Sepanjang tanggal 10 – 20 Februari tersebut, seluruh daerah di Pulau Dewata akan merayakan Galungan dan Kuningan. Untuk itu, hampir seluruh Pulau Bali akan dihiasi berbagai macam dekorasi sekaligus kegiatan keagamaan Hindu Bali.

Galungan diperingati setiap 210 hari menurut penanggalan Hindu Saka atau setiap enam bulan sekali namun selalu jatuh di hari Rabu. Galungan berkaitan erat dengan Hari Raya Kuningan yang dianggap sebagai penutup perayaan Galungan. Oleh karena itu, ucapan selamat biasanya berbunyi “Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan”.

Adapun tradisi masyarakat untuk merayakan ini adalah dengan menghaturkan banten (sesaji) berupa bubur sumsum berwarna seperti bubuh putih untuk umbi-umbian, bubuh bang untuk padang-padangan, bubuh gadang untuk pohon yang berkembangbiak secara generatif, dan bubuh kuning untuk pohon yang berkembangbiak secara vegetatif. Pada hari Tumpek Wariga ini semua pepohonan akan disirati air suci dan diberi banten berupa bubuh tadi. Setelah selesai, pemilik pohon akan memukul atau mengelus batang pohon sambil mengutarakan permohonan.

Selama Galungan, upacara Ngelawang akan digelar di setiap desa. Ritual ini bertujuan untuk mengusir roh jahat yang dilakukan oleh tarian barong. Barong diundang ke setiap rumah dan kehadirannya dimaksudkan untuk mengembalikan keseimbangan antara yang baik dan jahat di dalam rumah. Sebelum barong menari para penghuni rumah akan berdoa lebih dahulu.

Sementara itu pada puncak perayaan yang disebut Hari Raya Kuningan, umat Hindu di Bali yakin bahwa Sang Hyang Widi turun ke Bumi untuk memberikan berkat bagi semua orang. Sebagai penutupan rangkaian ritual Galungan, Kuningan juga menandai kembalinya dewa dan leluhur ke alam mereka sendiri.

Hari Raya Galungan dan Kuningan 2016
Pulau Bali dan Sekitarnya
10 – 20 Februari 2016

Check Also

poster workshop miles

Miles Film dan International Design School (IDS) Menggelar Seminar “Membuat Soundtrack Film Anak” sebagai Salah Satu Langkah Menyebarkan Lagu Anak Indonesia

 Jakarta, 30 April 2018 –International Design School (IDS) akan menggelar kegiatan seminar bertema “Membuat Soundtrack ...