Breaking News
Home » News & Articles » Hardisk Hitachi, Hardisk Yang Paling Dapat Diandalkan Menurut Backblaze

Hardisk Hitachi, Hardisk Yang Paling Dapat Diandalkan Menurut Backblaze

Hardisk Hitachi pic
image courtesy of tomshardware.com

Hardisk yang rusak merupakan salah satu kepastian dalam hidup ini, tetapi beberapa Hardisk dapat bertahan lebih lama tanpa gangguan sedikitpun, memeang beberapa hardisk lebih awet daripada yang lain.

Backblaze, sebuah penyedia layanan backup data online, melakukan sebuah penelitian mengenai ketahanan suatu hardisk dan jangka waktu pemakaian hardisk, dengan cara mengetes beragam merek hardisk yang akan dihadapkan dengan kondisi ekstrim dalam periode waktu yang lama.

Backblaze mengetes sebanyak 13.000 hardisk Seagate, hampir dari 13.000 Hardisk Hitachi, 3000 Hardisk Western Digital, 58 Hardisk Toshiba dan 18 Hardisk Samsung. Untuk umur atau masa pakai dari hardisk itu sendiri adalah hardisk Seagate berumur 1 tahun4 bulan, sementara Hitachi rata-rata berumur 2 tahun 5 bulan. Hardisk Western Digital berumur 2 tahun 5 bulan, sementara Samsung merupakan yang tertua, 3 tahun 7 bulan. Hardisk Toshiba merupakan yang terbaru yakni masih 7 bulan pemakaian.

Kapasitas hardisk yang digunakan pada tes ini pun berbeda-beda. Hardisk Hitachi berkapasitas 2TB, 3TB dan 4TB. Hardisk Seagate berkapasitas 1,5 TB, 3TB dan 4TB. Hardisk Wester Digital yang digunakan pada penelitian ini berkapasitas 1TB dan 3TB.

Setelah dilakukan penelitian tersebut, Backblaze mendapatkan kesimpulan bahwa Hardisk merek Hitachi merupakan hardisk yang dapat diandalkan dari semua merek hardisk yang dites dengan rata-rata kegagalan atau failure rate sebesar 1%.

Yang terburuk merupakan merek Seagate, dimana hardisk 1,5 TB yang dipakai mengalami kegagalan rata-rata atau failure rate mencapai 14 persen, sementara hardisk 3TB dan 4Tb mengalami kegagalan rata-rata 9 persen dan 3 persen.

 

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...