Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Hanacaraka (Ada Utusan)

Hanacaraka (Ada Utusan)

Hanacaraka (Ada Utusan)

Koreografer: Boby Ari Setiawan

Teater Salihara

Sabtu, 09 Maret 2013, 20:00 WIB

 

HTM: Rp50.000

Pelajar/Mahasiswa: Rp25.000

 

Karya tari ini diilhami oleh aksara Jawa yang terdiri dari 20 huruf: ha na ca ra ka / da ta sa wa la / pa dha ja ya nya / ma ga ba tha nga. Para penari berusaha menafsir huruf-huruf itu dengan gerakan tubuh yang adalah gabungan antara teknik gerak tari tradisional Jawa dan bahasa gerak tari modern. Sebagaimana judulnya, para penari dalam pentas ini adalah utusan yang bertugas menyampaikan aksara Jawa dalam bentuk rangkaian gerak tubuh dengan kekayaan makna yang sudah terkandung di dalam setiap hurufnya.

Hanacaraka adalah karya terbaru Boby Ari Setiawan setelah Ghost Track, karya kolaborasi Boby dengan LeineRoebana, kelompok tari dari Belanda. Boby adalah penari dan koreografer lulusan ISI Surakarta. Bersama Agus “Mbendol” Margiyanto ia mendirikan Independent Expression (IE) pada 2002. Beberapa kali ia mendapatkan penghargaan dan hibah seni untuk memproduksi tari dan mengamati pertunjukan tari di Amerika Serikat.

Boby Ari Setiawan akan mengadakan lokakarya tentang Hanacaraka pada 08 Maret 2013.

Source: http://salihara.org/

Check Also

Aceh International Rapa'i Festival

Aceh International Rapa’i Festival 2018

Aceh International Rapa’i Festival Festival Musik Perkusi Internasional memiliki daya tarik tersendiri yang bersifat unik ...