Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Gunungan Festival 2014 – “Mask is Everywhere”

Gunungan Festival 2014 – “Mask is Everywhere”

Gunungan Festival 2014 pic

Gunungan Festival 2014 atau Gunungan International Mask and Puppet Festival 2014 mengambil tema “MASK is EVERYWHERE” dengan mengusung seni topeng. Dengan tagline ‘Mask is Everywhere’ kita akan mengeksplorasi Topeng secara komprehensif, mulai dari Pertunjukan, Pameran, Workshop hingga Talkshow yang masing-masing akan disampaikan oleh para pakarnya.

Untuk itu akan digelar pertunjukan khusus yakni tari topeng kolosal ‘Transformasi Panji’. Hasil kerja kreatif ini tidak mengangkat keseluruhan karakter topeng Panji tapi hanya mengangkat tiga karakter yang dianggap dapat mewakili siklus hidup manusia, yaitu Panji, Pamindo, dan Klana. Karya tari ini akan didukung oleh 100 orang penari yang terdiri dari remaja dan anak-anak gabungan 5 sanggar tari sekota Bandung dengan Koreografer Alfiyanto dari Wajiwa Dance Theater.

Dalam penggarapannya tidak bercerita tetapi lebih kepada pengungkapan “keindahan” dalam struktur koreografi, dinamika, spektekel-spektekel bentuk-rasa, dan dramatik-dramatik pada bagian-bagian tertentu, serta tidak menampilkan bentuk gerak sebagai mana aslinya, akan tetapi telah melalui proses pengembangan dan eksplorasi kreatif . Diharapkan dengan kehadiran remaja dan anak -anak sebagai pendukung karya tari ini dapat menarik empati mereka terhadap seni tradisi umumnya dan tari topeng khususnya.

Selain itu akan digelar pula acara ‘Tribute to Slamet Gundono’ sebuah persembahan untuk mengenang kontribusi almarhum dalam dunia pewayangan Indonesia, beliau meninggal dunia pada Minggu (5/1/2014) di Solo, Jawa Tengah. Sebagai dalang muda berlatar belakang akademisi, Gundono sering menggelar lakon-lakon romantis namun mengandung makna filosofis, khususnya tentang kehidupan tokoh Karna. Seniman yang karya kreatifnya dikenal khalayak dunia, Gundono tercatat pernah menerima berbagai penghargaan dan apresiasi, di antaranya yang tergolong prestisius adalah “Prince Claus Award” dari Prince Claus Fund pada 2005.

Penghargaan khusus dipersembahkan pula untuk maestro wayang golek Asep Sunandar Sunarya yang meninggal akibat sakit jantung yang dideritanya. Almarhum memiliki cita-cita yang belum terwujud yaitu mendirikan Pesantren Padepokan Seni di Kampung Giriharja, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah yang berada di samping rumahnya yang belum rampung pelaksanaannya. Padepokan seni tersebut didirikan untuk mencetak generasi penerus almarhum.

Acara Gunungan Festival 2014 akan diisi oleh agenda acara menarik seperti :

  • Tari Topeng Kolosal TRANSFORMASI PANJI
  • Tribute To SLAMET GUNDONO | Tribute to ASEP SUNANDAR SUNARYA
  • Pameran Seni THE SHOW MASK GO ON
  • Pameran Topeng Koleksi ABUN ADIRA

Berikut list Talent yang akan tampil di festival tsb :

Aerli Rasinah – Alfiyanto – Anouk Wilke (Belanda) – Apep Hudaya – Asrizal Nur – Bian Lin (China) – Carmencita Palermo (Italia) – Deddy Koral – Didik Nini Thowok – Eko Supriyanto – Elena Diez Villagrasa (Spanyol) – Endah Laras – Endo Suwanda – Godi Suwarna – Herry Dim – I Made Sidia – Iman Soleh – Jennifer Goodlander (USA) – Kalang Kamuning – Kinang Putra – Lena Guslina – Lises Unpad – Mathieu Augereau (Perancis) – Nani Sawitri – Oppie Andaresta – PM Toh – PPS Panglipur – Pusbitari Irawati Durban – Ria Enes & Susan – Reog Ponorogo – Thomas Herfort (German) – Victor Hugo Hidalgo (Meksiko) – Wajiwa Dance Theatre – Wanggi Hoediyatno – Wawan S Husein – Wayang Kroncong Behind The Actors – 4 Peniti dll.

The Show Mask Go On sebagai tema Pameran Senirupa akan melengkapi festival ini, dikedepankan sebagai benang merah, guna mempertemukan kerja kreatif para perupa untuk berinteraksi dengan gagasan dari luar dirinya, dengan pendekatan agar bisa mempertajam hakekat dan integritas topeng sebagai tradisi peninggalan budaya,Tema topeng dengan kemajemukan makna dan tafsir menjadi penjelajahan modus kreasi para perupa, berorientasi pada konsekwensi kepentingan atau berkontribusi dalam keseimbangan peradaban yang berkembang, pameran ini akan diikuti oleh 20 perupa muda berbakat dari Bandung.

Untuk mengenali lebih jauh tentang budaya topeng Kolektor Topeng Abun Adira akan ikut berpartisipasi di acara ini berupa Gelar Topeng Pilihan, beliau mengumpulkan topeng-topeng itu setelah melakukan pameran lukis Cirebon tahun 2006. Sejak saat itu ia memulai menjelajahi pelosok indonesia dan dunia untuk mendapatkan topeng-topeng tsb

Jika anda penggemar photography, akan digelar pula lomba photo instagram dengan hashtag #gununganfest2014 dengan 2 kategori pre-event & event dengan tema mask & puppets. Bagi pemenang akan disediakan hadiah & merchandise menarik.

Gunungan Festival 2014- Mask Is Everywhere

Gunungan International Mask & Puppets Festival 2014

Tanggal : 24 – 25 Mei 2014

Tempat : Balepare Kotabaru Parahyangan, Padalarang – Bandung
info lebih lanjut di : http://gununganfestival.com/

Check Also

IDS Distorted Reality

INTERNATIONAL DESIGN SCHOOL GELAR EXHIBITION KARYA MAHASISWA IDS ANGKATAN 2017 BERTEMAKAN “DISTORTED REALITY”

Jakarta, 8 Juni 2018 – IDS | International Design School resmi menggelar acara Exhibiton bertema ...