Breaking News
Home » News & Articles » Gelar Inovasi dan Teknologi IPB (Campus of Innovations)

Gelar Inovasi dan Teknologi IPB (Campus of Innovations)

Gelar Inovasi dan Teknologi IPB
Gelar Inovasi dan Teknologi IPB

Institut Pertanian Bogor dikenal juga dengan sebutan Institut “Penemu” Bogor. Hal tersebut karena banyaknya karya hasil penemuan dari civitas dan alumninya yang diakui baik skala nasional maupun internasional. Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto pernah mengemukakan bahwa di antara beberapa perguruan tinggi dan institusi penelitian dan pengembangan, institusi yang dipimpinnya (IPB) memberikan sumbangsih terbanyak karya penelitian inovatif. Selain itu, IPB yang termasuk dalam kategori The World Class University juga masuk dalam kategori The Most Innovative Campus.

IPB selama empat tahun terakhir, tercatat sebagai kontributor terbanyak dalam Buku Daftar 100 Plus Karya Inovatif Paling Prospektif yang diterbitkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi RI bersama dengan Business Innovation Center (BIC). Selain itu, civitas akademika IPB sangat banyak yang memiliki bakat kreatif dan inovatif karena selalu tercatat sebagai pengirim proposal terbanyak setiap tahunnya dalam Program Kreativitas Mahasiswa yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional RI, bahkan sering mendapatkan predikat sebagai penerima hibah terbanyak dalam program tersebut. Beberapa produk-produk penemuan IPB yang telah tepublikasikan dan dikenal oleh masyarakat antara lain beras analog/tiruan solusi pangan, robot penjelajah bawah air, sistem telemetri buoy dengan teknologi GSM, mesin pemisah tulang dan daging ikan, mesin penghitung benih ikan hidup, mikroba pengembali kesuburan tanah, biodigester portabel penghasil biogas sebagai sumber energi keluarga, mesin pemingsan udang dan ikan, fiber glass dari kulit rotan, mainan edukasi boneka horta, dan lain-lain.

Gelar Inovasi dan Teknologi IPB yang akan diadakan pada 5-7 September 2013 merupakan salah satu bagian dari rangkaian agenda kegiatan Dies natalis IPB ke-50. Bentuk kegiatan ini berupa pameran produk hasil inovasi dan karya IPB serta implementasinya oleh masyarakat pada sektor riil ekonomi. Selain pameran, akan ada seminar yang membicarakan masalah-masalah aktual bidang pertanian dalam arti luas dengan mengundang stakeholder dan akan memberikan informasi serta solusi tentang aplikasi IPTEK Pertanian kepada masyarakat. Acara ini akan dilaksanakan di Kampus IPB Baranangsiang dan IPB International Convention Center-Botani Square, Bogor.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=zusrEWnhp64?feature=player_detailpage&w=630&h=350]

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...