Breaking News
Home » Event » Art & Culture » “GATOTKACA KEMBAR – THE EVIL WITHIN”

“GATOTKACA KEMBAR – THE EVIL WITHIN”

DJARUM APRESIASI BUDAYA DAN MIRWAN SUWARSO MEMPERSEMBAHKAN

“GATOTKACA KEMBAR – THE EVIL WITHIN”

SEBUAH KISAH PEWAYANGAN DENGAN KREASI MUSIK SIMFONI METAL

 

Jakarta, 2 Juni 2012 – Satu lagi kiprah Mirwan Suwarso dalam memberikan nuansa modern terhadap kecintaannya kepada wayang dengan konsep pagelaran drama sinema kali ini hadir dengan judul “Gatotkaca Kembar – The Evil Within” yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 2 Juni 2012 di The Hall, Senayan City. Pertunjukan kali ini merupakan wujud dukungan dan kelanjutkan komitmen dari Djarum Apresiasi Budaya dan MSP Entertainment serta Mirwan Suwarso yang telah sukses memberikan gebrakan dunia pertunjukan Indonesia melalui tiga lakon “Jabang Tetuko” di tahun 2011 dan di tahun 2012 sudah ada 2 pertunjukan yaitu, “Gatotkaca Jadi Raja” dan “Arjuna Wiwaha”.

”Di tahun ini Drama Sinema kami rencanakan 5 cerita dan ”Gatotkaca Kembar” adalah cerita yang ke-tiga. Sesuai dengan misi Djarum Apresiasi Budaya untuk mengajak masyarakat agar mencintai budaya asli Indonesia, pertunjukan ‘Gatotkaca Kembar’ ini tentunya akan menjadi sebuah sarana pengenalan tokoh pewayangan Indonesia sekaligus tontonan yang sangat menghibur”, ujar Renitasari, Program Director Bakti Budaya – Djarum Foundation.

Gatotkaca Kembar mengisahkan kedengkian seorang putra dewa kepada putra Pandawa yang menyebabkan Gatotkaca harus memerangi seorang lawan tak terduga, yaitu sisi buruk dirinya sendiri yang menjelma menjadi sosok kembarnya. Gatotkaca Kembar mengetengahkan sebuah perspektif pemikiran bahwa setiap orang mempunyai sisi buruk dan tidak akan bisa dihilangkan namun kita bisa berusaha untuk mengendalikan sisi buruk tersebut dan mengasah sisi baik.

“Saya senang bahwa ketiga pertunjukan drama sinema sebelumnya mendapatkan apresiasi yang cukup baik sehingga memotivasi saya untuk menghadirkan Gatotkaca Kembar,” Kata Mirwan Suwarso, sutradara Gatotkaca Kembar. “Gatotkaca adalah tokoh wayang ikonik yang selalu menarik untuk diangkat baik dari sisi karakter maupun profil heroiknya kemudian ditambah dengan nilai-nilai moral pewayangan secara keseluruhan.”

Salah satu unsur penting dalam konsep pertunjukan drama sinema, tak terkecuali Gatotkaca Kembar adalah musik. Dibawah arahan Aksan Sjuman, Gatotkaca Kembar disajikan dalam sebuah aransemen musik simfoni metal nan megah dan memukau untuk merekatkan nuansa dan suasana Gatotkaca Kembar sehingga membantu memberikan kesatuan pemahaman cerita kepada penonton.

 “Saya tertantang untuk memberikan sebuah konsep musik bagi Gatotkaca Kembar yang berbeda dari pertunjukan sebelumnya,” kata Aksan Sjuman, penata musik Gatotkaca Kembar. “Menyadari bahwa musik adalah bahasa umum yang dapat dipahami oleh semua orang, saya menciptakan aransemen musik yang akan dapat memberikan semacam informasi dan impresi universal kepada penonton akan jalan cerita Gatotkaca Kembar.”

Gatotkaca Kembar didukung oleh artis-artis ternama yang juga pernah bermain dalam tiga pertunjukan sebelumnya seperti Tora Sudiro yang berperan sebagai Gatotkaca, Aqi Alexa  yang berperan sebagai kembaran Gatotkaca, Titi DJ yang berperan sebagai Arimbi dan Volland Humonggio sebagai Arjuna. Selain itu Gatotkaca Kembar juga mendapatkan dukungan pemain luar negeri seperti Max Morgan dan Camille Guaty yang populer melalui serial “Prison Break”. Kedua artis asal Amerika tersebut mengajukan diri untuk turut ambil bagian dalam ‘Gatotkaca Kembar’ karena tertarik dengan karya Mirwan yang memadukan kebudayaan asli Indonesia dengan unsur sinema, teater musikal, wayang kulit dan seni tari dalam kesatuan yang unik dan artistik.

Pertunjukan Gatotkaca Kembar akan disajikan kepada para penggemar karya seni Indonesia pada tanggal 2 Juni 2012 di The Hall Senayan City Jakarta pada jam 15:00, 17:00 dan 19.00. Tiket pertunjukan dapat dibeli dengan harga Rp 300.000 – Rp 1.500.000 tiket hotline di 832-84651/2. Cuplikan adegan sinema Gatotkaca Kembar, pemesanan tiket dan informasi lainnya dapat dilihat melalui situs www.dramasinema.com.

***

Sekilas tentang MSP Entertainment

MSP Entertainment adalah pencipta konsep Pagelaran Drama Sinema, sebuah kolaborasi kreatif untuk menyajikan kisah pewayangan kepada konsumen masa kini dengan ciri khas penggunaan tiga layar lebar, tata lampu modern, live orchestra dan aksi panggung yang dinamis. Karya pertama ‘Jabang Tetuko’ dengan penggabungan antara seni wayang  wayang orang dan wayang kulit tradisional dengan elemen dunia hiburan masa kini menjadi tonggak sejarah pertunjukan MSP Entertainment diikuti dengan “Gatotkaca Jadi Raja” dan “Arjuna Wiwaha”.

Sekilas tentang Djarum Apresiasi Budaya

Djarum Apresiasi Budaya yang dimulai sejak tahun 1992 telah mendukung lebih dari 1.000 kegiatan budaya, merupakan salah satu program dari Djarum Foundation. Djarum Apresiasi Budaya mempunyai misi meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia. Mendukung insan kreatif untuk terus berkarya, menggali potensi, mengembangkan dan melestarikan keindahan serta keragaman budaya Indonesia.

Djarum Apresiasi Budaya telah menjalin kerjasama dengan budayawan, seniman, dan kelompok kesenian dalam mengaktualisasikan gagasan kreatifnya. Berbagai seni pertunjukan dihadirkan dan mendapatkan apresiasi yang sangat besar dari masyarakat, antara lain: Teater Koma “Sie Jin Kwie”, ‘Jakarta Love Riots’, Ali Topan The Musical,  Indonesia Kita, Sangkala 9/10, Beta Cinta Indonesia-GSP, Kabaret Keroncong, Teater Koma “Antigoneo”, Opera Diponegoro, Langgam Tiga Hati, Kabaret Oriental, Roro Mendut, New Yorkarto, Indonesia Menari, dan lain-lain. Usaha untuk memperkenalkan kembali warisan leluhur dengan membuat terobosan-terobosan baru juga terus dilakukan. Salah satunya adalah Pagelaran Drama Sinema, suatu pertunjukan dengan memadukan Sinema, Orkestra, Broadway, Wayang Kulit dan Wayang Orang.

Djarum Apresiasi Budaya juga mendukung program lain seperti “Indonesia Exploride”, yaitu perjalanan menjelajahi negeri Indonesia dengan konsep yang unik dan penuh tantangan, yang dilakukan oleh seorang biker, beserta tim yang mendokumentasikan petualangannya melalui video, foto dan jurnal. Penjelajahan bukan hanya semata mengunjungi suatu tempat, namun juga melibatkan proses mengenal lebih dalam tentang sejarah, hasil budaya, serta kekayaan panorama alam daerah tersebut. Bahkan program penjelajahan ini juga didukung oleh puluhan artis yang berasal dari daerah-daerah yang disinggahi. Artis-artis inilah yang menjadi sahabat dari Tim “Indonesia Exploride” untuk berkunjung dan memperkenalkan hasil budaya dari daerah asalnya masing-masing.

Djarum Apresiasi Budaya melakukan berbagai usaha untuk memperkenalkan, mengembangkan dan memelihara warisan luhur budaya bangsa, antara lain menggandeng Perkumpulan Rumah Pesona Kain, menyelenggarakan ”Pesona Batik Kudus” yaitu suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengangkat daya apresiasi terhadap hasil kerajinan asli Indonesia yang sudah nyaris punah. Usaha ini dilakukan untuk melestarikan batik Kudus dan membantu meningkatkan industri batik di kota Kudus.

Setelah terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan budaya selama ini, Djarum Apresiasi Budaya melakukan inovasi melalui digital media, memberikan informasi mengenai kekayaan dan keragaman budaya Indonesia melalui sebuah website yang interaktif dan dapat diakses oleh masyarakat luas melalui www.indonesiakaya.com.

Konsistensi dalam mengembangkan bentuk-bentuk kepedulian terhadap hasil budaya akan terus dilakukan. Diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kekayaan dan keragaman budaya Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia. Karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara “GATOTKACA KEMBAR – THE EVIL WITHIN”,  mohon hubungi:

 

MSP Entertainment

Telp: 021 789-2764

Fisca Galih (email: fisca.galih@yahoo.com)

Djarum Foundation

Renitasari

Program Director-Bakti Budaya Djarum Foundation

Email.renitasari@djarum.com

Image Dynamics

Telp. 021-75911.555 – imagedynamicspr@yahoo.com

Trishi B. Setiayu – trishi@imagedynamics.co.id

Ayunda # 0812.2001411 – ayunda@imagedynamics.co.id

Check Also

Aceh International Rapa'i Festival

Aceh International Rapa’i Festival 2018

Aceh International Rapa’i Festival Festival Musik Perkusi Internasional memiliki daya tarik tersendiri yang bersifat unik ...