Breaking News
Home » Hot News » Festival Perkusi Indonesia di Pembukaan Akarnaval 2014

Festival Perkusi Indonesia di Pembukaan Akarnaval 2014

Akarnaval 2014
Akarnaval 2014
Rangkaian acara festival seni dan budaya Akarnaval 2014 telah resmi dibuka pada hari Jumat (21/11) di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Sanggar Anak Akar bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI ini akan berlangsung selama 6 hari, yaitu mulai dari 21 hingga 26 November 2014. Rangkaian acara Akarnaval 2014 ini menyajikan tema-tema kegiatan yang beragam dan atraktif setiap harinya.

Pada hari pertama rangkaian acara Akarnaval 2014 dimeriahkan dengan acara Festival Perkusi Indonesia. Festival yang bertemakan pentas perkusi ini tidak hanya diikuti oleh peserta yang berasal dari Jakarta namun juga dari berbagai daerah di Indonesia. Festival Perkusi indonesia ini pun menghadirkan penampilan kolaborasi antara Grup Kesenian Arum Dalu dari Banyuwangi, Omah Ngisor dan teman-teman dari Sanggar Anak Akar. Kolaborasi tersebut memeriahkan acara sebelum peresmian pembukaan acara Akarnaval 2014. Kemudian acara Akarnaval 2014 dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi yang dimulai dengan sambutan oleh Ketua Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Pak Arie Budhiman dan dilanjutkan dengan menabuh bedug perkusi secara simbolik.

Bapak Arie Budhiman secara resmi membuka Akarnaval 2014 dengan menabuh Bedug
Bapak Arie Budhiman secara resmi membuka Akarnaval 2014 dengan menabuh Bedug
Festival Perkusi Indonesia dilanjutkan dengan pertunjukan berbagai grup perkusi. Selain memainkan perkusi, grup-grup perkusi tersebut juga menyampaikan pesan tertentu yang sangat filosofis kepada para penonton. Seperti Tanoker, salah satu grup perkusi yang berasal dari Jember ini merupakan grup belajar yang memanfaatkan musik perkusi untuk saling menguatkan anak-anak yang ditinggal orangtua mereka yang sedang bertaruh nasib mencari nafkah keluar negeri. Meskipun mereka jauh dari orang tua, mereka tetap berkembang dan berprestasi.

Penampilan Kolaborasi Grup-Grup Perkusi di Festival Perkusi Indonesia - Akarnaval 2014
Penampilan Kolaborasi Grup-Grup Perkusi di Festival Perkusi Indonesia – Akarnaval 2014
Penonton yang Memadati Panggung Festival Perkusi Indonesia - Akarnaval 2014
Penonton yang Memadati Panggung Festival Perkusi Indonesia – Akarnaval 2014
Saat diwawancarai, Susilo Adinegoro selaku ketua Sanggar Akar, menjelaskan bahwa untuk Festival Perkusi ini akan hadir puluhan anak muda dari kelompok perkusi se-Jawa dan Kalimantan. Kegiatan ini menampilkan kreasi musik perkusi etnik kontemporer dengan mengenakan kostum unik yang mewakili kekhasan masing-masing daerah. Festival Perkusi Indonesia ini juga akan membawa misi sosial masing-masing di bidang pendidikan dan budaya.

Ketua Sanggar Akar Susilo Adinegoro
Ketua Sanggar Akar Susilo Adinegoro
Saat Diwawancarai pada Pembukaan Akarnaval 2014 di Taman ismail Marzuki, Jakarta
Acara Akarnaval 2014 pada hari selanjutnya (22/11) yaitu Street Art Performance Karnaval Anak Kreatif Jakarta yang akan di meriahkan lebih dari 200 anak dan remaja yang akan turun ke jalan berparade yang bertemakan “Inspirasi Legenda Yunani”. Karnaval ini merupakan seni pertunjukan yang di tampilkan dalam format parade di jalan dengan suguhan atraksi seni kostum, tari dan lukis wajah.

Check Also

Jakcloth 2018

Jakcloth 2018 Hadir Dengan Konsep Yang Berbeda.

Jakcloth 2018 Setelah sukses mengunjungi para pecinta clothing di berbagai daerah di Indonesia, The Biggest Youth ...