Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Festival Layang-layang Internasional di Bali Kite Festival 2015

Festival Layang-layang Internasional di Bali Kite Festival 2015

Bali Kite Festival 2015
Bali Kite Festival 2015

Puluhan layangan tradisional berukuran raksasa akan mewarnai langit Padang Galak, Pantai Sanur, Bali, dalam kegiatan 36th Bali Kite Festival yang diselenggarakan pada 18-20 Juli 2015. Ini adalah festival layang-layang internasional yang diselenggarakan setiap Juli, bulan dimana dengan kondisi angin terbaik untuk menerbangkan layang-layang.

Layang-layang yang diterbangkan biasanya memiliki lebar 4 meter dan panjang 10 meter. Bentuk layangan yang diterbangkan sangat bervariasi dan unik, meliputi bentuk bebean (ikan), janggan (burung) dan pecukan (daun). Bebean memiliki ukuran paling besar, janggan terlihat menarik dengan hiasan ekornya yang bisa mencapai ratusan meter, sedangkan pecukan yang paling mudah diterbangkan karena bentuknya stabil. Warna-warna yang terdapat pada layang-layang ini biasanya merah, putih dan hitam.

Warna-warni layangan ini mampu menarik banyak wisatawan. Bagaimana tidak, pemandangan pada saat festival akan saat indah dimana anak-anak dan orang dewasa berlomba menerbangkan layang-layang di pematang sawah kosong.

Layang-layang ini diterbangkan secara kompetitif oleh tim-tim yang berasal dari desa-desa di Denpasar. Mereka akan berkompetisi, siapa yang menerbangkan layang-layang terbaik dan terlama maka akan keluar sebagai pemenang. Tak jarang layang-layang putus dan terjatuh di dekat sawah sehingga anggota tim harus mengambilnya sebelum layang-layang menyentuh air.

Bali Kite Festival bukanlah kompetisi menerbangkan layang-layang semata. Acara ini mengandung nilai keagamaan karena layangan yang diterbangkan membawa permohonan kepada dewa-dewa Hindu agar tanaman panen dan senantiasa berlimpah. Selama layangan diterbangkan, pengunjung akan mendengar merdunya perpaduan musik tradisional Bali.

Selama festival pun akan diadakan kompetisi yang memancing kreasi. Peserta diharuskan membuat karya tiga dimensi yang menggambarkan dewa-dewa Hindu dan dapat diterbangkan.

Informasi terkait silakan kunjungi laman berikut.
http://www.disparda.baliprov.go.id/id/Calendar-of-Event2
http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/ayo-rame-rame-ke-kawasan-wisata-padanggalak/

Sumber foto: http://en.wikipedia.org

Check Also

poster workshop miles

Miles Film dan International Design School (IDS) Menggelar Seminar “Membuat Soundtrack Film Anak” sebagai Salah Satu Langkah Menyebarkan Lagu Anak Indonesia

 Jakarta, 30 April 2018 –International Design School (IDS) akan menggelar kegiatan seminar bertema “Membuat Soundtrack ...