Home » Travel » Festival Cap Go Meh 2018 di Singkawang

Festival Cap Go Meh 2018 di Singkawang

cap go mehFestival Cap Go Meh Singkawang 2018

Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Istilah ini berasal dari  dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan  pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam). Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari.

salah satu lokasi perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di Tanah Air adalah di Singkawang. Kemeriahan Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, disebut-sebut sebagai event terbesar di Asia Tenggara karena perayaannya begitu berbeda dari tempat lainnya. Tidak hanya ditujukan untuk etnis Tionghoa, wisatawan maupun warga setempat bisa menikmati kemeriahan festival tersebut.

Singkawang adalah kota terbesar kedua di Provinsi Kalimantan Barat setelah Pontianak. Tidak seperti kota-kota lain di Indonesia, Singkawang diwarnai suasana oriental berkat ratusan klenteng yang bisa ditemukan di hampir setiap sudut kota. Lebih dari 70% penduduk Kota Singkawang merupakan keturunan Tionghoa, terutama suku Hakka dan sebagian lagi Teochew. Lainnya adalah Melayu, Dayak, dan etnis Indonesia lainnya.

Untuk menuju Singkawang, Anda perlu mencapai Pontianak terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan perjalanan 3 jam dengan mobil sewa atau mobil travel. Perayaan Cap Go Meh di Singkawang sangat meriah dimana orang-orang akan memesan penginapan jauh hari sebelumnya sehingga Anda harus mempersiapkan akomodasi terlebih dahulu.

Cap Go Meh Singkawang 2018 akan dipusatkan di Stadion Kridasana, mulai 15 Februari hingga 4 Maret 2018.  Salah satu vihara yang akan menjadi pusat perhatian selama perayaan adalah Tri Dharma Bumi Raya di pusat Kota Singkawang Barat. Kuil tersebut merupakan yang tertua di Singkawang dan dibangun pada 1878. Panitia acara juga mengundang diva pop Tanah Air, yaitu Rossa serta Gracia Indri, Vania Maria, dan Scouth Collin diplot sebagai master of ceremonies. Selain itu, musisi bernuansa Mandarin juga akan menghibur pengunjung seperti Huan Cia Cia dan Du Xiao Feng. Untuk informasi Festival Cap Go Meh 2018 di Singkawang, Anda dapat menghubungi panitia pelaksana

More info : www.pesona.indonesia.travel.com

Check Also

festival kopi aceh

Festival Kopi dan Mie di Banda Aceh 2018

  Festival Kopi dan Mie Di Banda Aceh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Tahun ini ...