Breaking News
Home » Event » FASHION EXTRAVAGANZA JFFF 2014 Majukan Produk Mode Lokal Kualitas Internasional

FASHION EXTRAVAGANZA JFFF 2014 Majukan Produk Mode Lokal Kualitas Internasional

FASHION EXTRAVAGANZA JFFF 2014 jakarta

Sebuah keinginan terbesar dari hadirnya Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) di tengah-tengah masyarakat adalah mengangkat citra, harkat dan martabat bangsa Indonesia melalui industri yang berbasis budaya, sehingga produk lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Pada tahun ke-11, memasuki tahun pertama dalam dekade keduanya, JFFF diselenggarakan pada 9 Mei – 1 Juni 2014 di Sentra Kelapa Gading melalui tiga rangkaian utama yang selalu konsisten diangkat, yaitu Fashion Extravaganza, Food Festival, dan Gading Nite Carnival.
Fashion Extravaganza menampilkan presentasi koleksi terbaru busana ready to wear dari para desainer Indonesia yang tergabung dalam APPMI, IPMI, desainer independen, UKM, DEKRANASDA, Cita Tenun Indonesia, sekolah mode, local brands, serta para tenant yang berada di Mal Kelapa Gading melalui peragaan busana, penghargaan, kompetisi, dan trade show di JFFF.

FASHION SHOW
16 Mei – 1 Juni 2014

Pada JFFF 2014 kali ini, rangkaian Fashion Extravaganza akan hadir mulai tanggal 16 Mei – 1 Juni 2014, berlokasi di dua area yaitu Grand Ballroom Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading (16 – 24 Mei) dan The Forum Mal Kelapa Gading 3 (23 Mei – 1 Juni). Menghadirkan beragam koleksi ready to wear terbaru, para pecinta mode akan dimanjakan dengan berbagai rancangan memukau kain-kain khas Nusantara yang dikreasikan secara modern.

Pada Fashion Extravaganza 2014, ada 11 desainer yang tampil dalam show tunggal, mereka adalah Ali Charisma, Barli Asmara, Defrico Audy, Didiet Maulana, Itang Yunasz, Lenny Agustin, Musa Widyatmodjo, Sofie, Stephanus Hamy, dan seorang desainer cilik yang karyanya telah sampai ke dunia internasional, Rafi Ridwan. Melibatkan lebih dari 100 desainer Indonesia dan total 37 show, termasuk Parade dan Mini Show.

FACE ICON JFFF 2014
Marcella Tanaya

Marcella Tanaya merupakan salah satu Top Model Indonesia yang memiliki segudang prestasi di bidang modeling, baik nasional maupun internasional. Salah satunya adalah masuk dalam enam besar The Best Model versi majalah Harper’s Bazaar Indonesia tahun 2013. Melihat prestasi, serta aspek beauty, brain, dan behavior yang dimilikinya, maka JFFF memilihya sebagai Face Icon dalam mewakili kampanye JFFF 2014.

JFFF AWARDS
22 Mei 2014, pk. 19.00 WIB

Sebagai bentuk apresiasi kepada para insan mode yang telah berkomitmen dan berjasa dalam menggerakkan dunia mode Indonesia, JFFF mempersembahkan Fashion Icon Awards setiap tahunnya. Selain sebagai sebuah bentuk apresiasi, penghargaan ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para generasi muda pelaku mode Indonesia. Tak hanya itu, penghargaan ini juga sebagai salah satu ajang untuk mengenalkan para legenda mode kepada generasi muda, sekaligus menjadi sumber inspirasi dalam berkarya untuk semakin memajukan industri mode Indonesia. Penghargaan diberikan melalui 3 kategori, yaitu Lifetime Achievement, Fashion Designer, dan Fashion Support.

Tampil khusus dalam JFFF Awards pada 22 Mei di Grand Ballroom Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading adalah desainer Deden Siswanto yang didukung oleh DEKRANASDA Kota Denpasar. JFFF Awards dibuka dengan pertunjukan tari oleh penari berskala internasional, Eko Supriyanto, serta permainan multimedia yang atraktif.

FASHION VILLAGE
15 Mei – 1 Juni 2014
Koridor Mal Kelapa Gading 3 & 5

Koleksi rancangan ready to wear para desainer Indonesia juga dapat dilihat, dipilih, serta dibeli di hampir 70 booth pada area Fashion Village yang terletak di sepanjang koridor lantai dasar Mal Kelapa Gading 3 dan 5, mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Hadir dalam sebuah konsep trade show, pengunjung dapat dengan mudah memiliki berbagai koleksi terbaru para desainer Indonesia maupun produk mode lokal berkualitas internasional dari UKM, DEKRANASDA, Cita Tenun Indonesia, Yayasan Batik Indonesia, sekolah mode, dan local brand.

“Tujuan hadirnya Fashion Extravaganza dalam JFFF adalah selain memberikan kesempatan para pecinta fashion Indonesia untuk menyaksikan beragam koleksi terbaru setiap tahunnya, juga memberikan kesempatan bagi pengembangan salah satu industri kreatif Indonesia yang sangat potensial yaitu industri fashion,” ujar Cut Meutia, Deputy Chairman JFFF.

FASHION COMPETITIONS
27, 29, dan 31 Mei 2014
The Forum Mal Kelapa Gading 3

Selain sebagai wadah bagi para pelaku industri mode dalam menampilkan kreasi terbarunya, JFFF juga memberikan dukungan dalam memajukan dunia mode Indonesia melalui ajang kompetisi. Pemilihan calon Top Model Indonesia dihadirkan melalui Gading Model Search (GMS), dengan Grand Final pada 27 Mei pukul 14.00 WIB dan Grand Final GMS Kids Category pada 29 Mei pukul 14.00 WIB.

Melihat perkembangan dunia mode Indonesia yang sangat pesat beberapa tahun ini, maka tahun 2014 JFFF bekerjasama dengan Cita Tenun Indonesia (CTI) menghadirkan sebuah ajang pencarian bakat desainer muda Indonesia. Next Young Promising Designers dengan tema Embracing Hand Woven the Indonesian Heritage diharapkan dapat memberikan kesempatan berkarya serta berkreasi bagi para calon desainer kenamaan Indonesia berikutnya. Sesuai tema, maka peserta diharuskan berkreasi dalam rancangannya dengan menggunakan kain tenun. Dengan demikian, para generasi muda terpacu memberikan apresiasi pada kain Nusantara, warisan budaya Indonesia yang memiliki ragam keindahan corak dan ciri khas, untuk diimplementasikan menjadi inspirasi karya besar para desainer Indonesia. Presentasi koleksi busana hasil karya 10 finalis Next Young Promising Designers akan ditampilkan pada 31 Mei pukul 13.00 WIB.

Check Also

IDS Distorted Reality

INTERNATIONAL DESIGN SCHOOL GELAR EXHIBITION KARYA MAHASISWA IDS ANGKATAN 2017 BERTEMAKAN “DISTORTED REALITY”

Jakarta, 8 Juni 2018 – IDS | International Design School resmi menggelar acara Exhibiton bertema ...