Breaking News
Home » News & Articles » Cara Memasang Kaca Film pada Jendela Rumah

Cara Memasang Kaca Film pada Jendela Rumah

Cara Memasang Kaca Film pada Jendela Rumah

 

Kita sering mendengar dan melihat mobil yang kaca jendelanya diberi kaca film. Apakah hal tersebut bisa diaplikasikan di jendela rumah kita? Tentu saja bisa. Untuk yang satu ini kaca film yang kita aplikasikan pada jendela rumah, namun tentunya jenisnyapun berbeda. Kaca film jenis ini khusus untuk kaca bangunan. Corak ragam, warna, dan teksturnya berbeda-beda dan sangat menarik.

Kaca film yang dahulunya hanya sebagai penyerap sinar matahari, kini bertambah fungsinya, yaitu untuk mempercantik hunian. Jenisnya semakin beragam dan kaya akan warna, tak heran jika banyak ditemui jendela-jendela rumah tinggal berornamen menarik pada bidang kacanya.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit. Kawasan penyedia peralatan rumah seperti pertokoan di Jl. RS. Fatmawati, ataupun swalayan bahan bangunan, kaca film jenis ini sudah pasti ada.

Nah… jika kaca film sudah kita pilih dan sudah ditangan, tinggal kita aplikasikan pada jendela. Pemasangannya tidak terlalu sulit. Kita pun bisa memasangnya sendiri, carilah waktu luang untuk melakukannya, dan gunakan alat-alat sederhana untuk memasangnya.

Alat-alat yang dibutuhkan

  • Cutter
  • Penggaris
  • Spidol
  • Kape Plastik
  • Kain Lap Bersih
  • Botol Penyemprot
  • Cairan Shampoo

Langkah-Langkah Pemasangannya adalah sebagai berikut;

Langkah 1

Bersihkan seluruh permukaan kaca dengan menggunakan silet. Bersihkan dari noda-noda dan debu kasar yang membandel.

 

 

Langkah 2

Bersihkan bagian-bagian sudut kaca dengan menggunakan sikat gigi. Bersihkan dengan air dan campuran shampo pembersih

 

Langkah 3

Bersihkan seluruh permukaan kaca dengan air yang dicampur dengan pembersih kaca. Lalu bersihkan seluruh permukaan kaca dari air dan cairan pembersih dengan karet pembersih

 

Langkah 4

Potong kaca film sesuai dengan ukuran jendela yang akan kita aplikasikan. Potong dengan menggunakan penggaris dan cutter. Hindari menggunakan gunting, karena hasilnya tidak akan rata dan lurus.

 

Langkah 5

Buka lapisan pada kaca film. Lakukan secara perlahan. Dimulai pada ujung kaca film, yang diikuti pada sisi lainnya. Semprotkan bagian kaca film yang sudah terbuka tadi dengan cairan shampoo.

 

Langkah 6

Setelah dibuka, semprot lapisan lem kaca film dengan shampoo (yang sudah dicampur air bersih). Perbandingan shampoo dan air kira-kira 1:5. Kita dapat menggunakan jenis shampoo apapun. Gunanya, untuk memudahkan proses penempelan, dan mencegah gelembung.

 

 

Langkah 7

Semprotkan pula bidang kaca yang akan anda tempelkan dengan kaca film. Bukalah keseluruhan lapisan kaca film sampil anda menyemprotkan cairan shampoo seperti pada langkah 5.

 

 

Langkah 8

Tempel kaca film dan bidang kaca yang sudah anda semprot dengan cairan shampoo tadi. Tempel mulai dari tengah kemudian kebagian pinggir.

 

Langkah 9

Atur posisi kaca film supaya tepat pada bidang kaca. Hal ini akan sangat mudah karena sebelumnya kita telah menyemprotkan cairan shampoo.

 

Langkah 10

Ratakan bagian tengah terlebih dahulu dengan kape plastik, perlahan kita tekan dan dorong kearah bagian pinggir. Kape berguna untuk mempermudah meratakan lapisan kaca film dengan bidang kaca.Lakukan bagian per bagian dari tengah ke bagian pinggir. Sampai kaca film menempel dengan sempurna.

 

Langkah 11

Potong bagian kaca film yang berlebih dibagian pinggir dengan menggunakan penggaris dan cutter. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar kaca film tidak tergores oleh cutter yang kita gunakan.

Langkah 12

Apakah pemasangan kaca film sudah selesai? Kemudian lap dengan kain bersih ceceran air shampoo dan bidang kaca film supaya bersih. Dan kaca jendela kita sudah dalam warna yang baru.

 

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...