Upcoming Event
Home » Event » Art & Culture » BUTO Musikal

BUTO Musikal

Satu lagi pagelaran teater musikal akan digelar di Jakarta. Kali ini, inteRtwine Performing Arts Company (iPAC) akan mempersembahkan sebuah pertunjukan teater musikal produksi perdana mereka yang terinspirasi dari sebuah cerita legenda rakyat yang diberi judul BUTO Musikal.

Terinspirasi dari cerita rakyat, BUTO Musikal ingin menampilkan tokoh yang selama ini dianggap sebagai antagonis menjadi titik sentral pertunjukan ini. Buto (raksasa dalam bahasa Jawa) dikenal sebagai karakter yang jahat dan buruk rupa. Sutradara pertunjukan, Farid Syahputra dan Arif Dharma, penulis naskah, mengatakan bahwa pertunjukan ini mengambil cara pandang yang berbeda dari kebanyakan cerita rakyat.

Namun pertunjukan ini tidak bermaksud untuk mengubah pandangan masyarakat (penonton) untuk memandang sesuatu yang jahat sebagai sesuatu yang baik. Pertunjukan justru ingin mengajak penontonnya agar tidak terburu-buru untuk melihat sesuatu yang terlihat jahat sebagai yang benar-benar jahat, tanpa melihat sisi dalam yang sebenarnya.

Hadir dalam kemasan yang lebih pop, BUTO Musikal diharapkan dapat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat. Eko Suprianto, didapuk menjadi koreografer dalam pertunjukan ini. Eko menjanjikan sebuah rangkaian gerak tari yang merupakan perpaduan unsur tradisional dan modern dalam koreografinya. Ia menjelaskan bahwa perpaduan ini akan menjadi sesuatu yang baru yang belum pernah dibuat.

Sejumlah nama yang sudah tidak asing lagi turut mendukung pertunjukan ini, sebut saja Nina Tamam, Sita Nursanti, Netta KD, Dea Mirella, Andrea Miranda, dan turut pula Ronny Waluya. Selain itu nama Joko Anwar pun turut hadir sebagai konsultan. Pertunjukan ini juga turut melibatkan masyarakat umum dengan mengadakan audisi terbuka untuk menjaring nama-nama baru dalam dunia teater.

Pementasan dengan durasi 2,5 jam ini akan diselenggarakan di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Sebanyak 25 orang pemusik yang tergabung dalam sebuah orkestra akan turut mendukung pertunjukan. Komposisi musikalnya pun merupakan perpaduan dari unsur tradisional (gamelan Jawa) dan musik orkestra.

Sebanyak 35 pertunjukan akan digelar selama satu bulan penuh di bulan Juni 2013 mendatang. Pertunjukan ini melibatkan kurang lebih 50 pemain yang sudah disaring dari audisi terbuka. Seluruh pemain dituntut untuk memiliki tiga kemampuan, yakni menari, menyanyi, dan kemampuan tari yang seimbang. Periode panjang pertunjukan ini diharapkan akan menjadi alternatif pertunjukan yang berkualitas di Jakarta. Klik di tautan berikut untuk mengetahui lebih jauh tentang BUTO Musikal.