Breaking News
Home » Event » Audisi Planetrox Indonesia 2015 Kembali Diadakan

Audisi Planetrox Indonesia 2015 Kembali Diadakan

Planetrox Indonesia 2015
Planetrox Indonesia 2015

Tahun ini, Planetrox Indonesia 2015 kembali diadakan. Planetrox merupakan sebuah ajang audisi untuk memilih satu band perwakilan dari Indonesia untuk diboyong ke festival Envol et Macadam di Quebec, Canada. Hanya satu band pemenang yang nantinya akan mendapatkan panggung di festival yang akan diadakan pada 10-12 September 2015 nanti.

Envol Et Macadam adalah sebuah festival musik rock/alternatif yang diadakan setahun sekali di Quebec. Festival yang telah diadakan sejak tahun 1996 ini didukung penuh oleh pemerintah kota Quebec. Sebelumnya, band-band besar seperti Dinosaur Jr, SUM41, Anti Flag, Bad Religion, Mastodon, Hatebreed, As I Lay Dying dan lainnya yang telah berbagi panggung di sini. Envol Et Macadam diadakan selama 3 hari dengan 4-5 venue yang berbeda.

Planetrox yang perkembangannya bekerja sama dengan pemerintah Kota Quebec ini adalah kompetisi internasional yang misinya untuk menemukan band-band terbaik dari negara yang terundang. Tahun 2015 ini, ada 10 negara yang turut serta, yaitu Indonesia, Amerika Serikat, Meksiko, Perancis, Inggris, Jerman, China, Jepang dan Republik Ceko. Indonesia sendiri sudah mulai mengirimkan perwakilan sejak 2011. Empat band yang sudah lebih dulu tampil di panggung Envol et Macadam adalah Cupumanik, Navicula, Saint Loco dan Bondan Prakoso.

Pendaftaran Planetrox Indonesia 2015 sudah dibuka sejak tanggal 20 Februari sampai 10 April 2015 melalui www.planetrox.ca. Peserta juga bisa dilakukan secara offline melalui outlet pendaftaran yang ditunjuk oleh direktorat nasional Planetrox Indonesia. Seleksi ini akan diadakan dalam tiga tahap, sebagai berikut:

1.  PENDAFTARAN dan AUDISI LAGU

Mendaftar dan membayar biaya pendaftaran secara online melalui website www.planetrox.ca, www.envoletmacadam.com atau bisa mendaftarkan langsung secara offline setiap hari Kamis mulai jam 19.00 – 21.00 dalam event The Rock Campus di Rolling Stone Café Jakarta dan beberapa outlet pendaftaran resmi yang ditunjuk penyelenggara. Persyaratan umum untuk mendaftar adalah band terdiri dari maksimal 5 personil, berdomisili di Indonesia, tidak ada batas usia tertentu dan memiliki lagu ciptaan sendiri. Dalam melakukan pendaftaran, band harus menyertakan 1 lagu ciptaannya untuk diseleksi dan lolos ke tahap selanjutnya. Semua lagu akan diseleksi oleh promoter Envol et Macadam di Canada.

2.  AUDISI VIDEO dan VOTING

10 Band terpilih dari seleksi lagu, lolos ke Tahap ini untuk meng-upload Video music-nya yang membawakan lagu ciptaanya tersebut, Video yang di-upload tidak harus Video buatan professional. Tetapi dinilai cukup untuk menjadi presentasi band. Dalam tahap ini terdapat penilaian khusus melalui Voting online. Band akan mempromosikan video yang telah di-upload ke website envol et macadam kepada public untuk mendapatkan voting suara. Lima band yang mendapatkan voting terbesar akan lolos ke tahap Final

3.  NATIONAL FINAL

Lima Band yang telah lolos babak voting video, akan tampil secara langsung di hadapan juri dan penonton di kota yang ditunjuk oleh penyelenggara Planetrox Indonesia. Di tahap final ini, band akan tampil membawakan 2 lagu ciptaannya. Penilaian akan dikombinasikan antara suara juri dan voting penonton yang datang menyaksikan langsung. Band akan dimotivasi untuk dapat membawa pendukung sebanyak-banyaknya. Dan akhirnya dari kombinasi penilaian tersebut akan dipilih 1 Band untuk medapatkan tiket pesawat dan akomodasi untuk tampil di Envol et Macadam, Quebec City, Canada. Pada tahun 2015 ini, Planetrox akan diperkuat oleh dewan juri sebagai berikut:

–  Simon Gaudry (Director Envol et Macadam Festival)
–  Ezra Simanjuntak (Musician, Writer/Journalist, Founder The Rock Campus)
–  Muhammad Panji P. (National Director Planetrox Indonesia, Music Promoter)
–  Sam Alatas (Music Journalist, Media Expert)

Berikut adalah jadwal lengkap pelaksanaan Planetrox Indonesia 2015:
20 Feb        Pembukaan Pendaftaran Peserta Planetrox
10 April      Penutupan Pendaftaran
13 April      Pengumuman 10 besar (Semi-finalist)
13 April – 23 April    Jangka waktu Semi-Finalis mengirimkan video
23 April – 9 May    Jangka waktu voting online memilih 5 besar (finalis)
10 May       Pengumuman 5 besar (finalis)
6 Juni         National Final

More Info

Website: www.planetrox.ca
Facebook: Envol Et Macadam

Check Also

poster workshop miles

Miles Film dan International Design School (IDS) Menggelar Seminar “Membuat Soundtrack Film Anak” sebagai Salah Satu Langkah Menyebarkan Lagu Anak Indonesia

 Jakarta, 30 April 2018 –International Design School (IDS) akan menggelar kegiatan seminar bertema “Membuat Soundtrack ...